Miliki Pengalaman Sebagai Jamintel, Jam Samuel Maringka Berpeluang Menang Pilgub Sulut 2024

Miliki Pengalaman Sebagai Jamintel, Jam Samuel Maringka Berpeluang Menang Pilgub Sulut 2024

Terkini | manado.inews.id | Selasa, 2 Juli 2024 - 23:31
share

JAKARTA, iNewsManado.id-Berdasarkan survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI), Calon Gubernur (Cagub) Sulut, Elly Engelbert Lasut (E2L) mendapatkan dukungan yang tertinggi dan ada hasil yang sangat mengejutkan juga masuknya nama Jan Samuel Maringka mantan Jamintel yang masuk diurutan kedua dalam tingkat keterpilihan Calon gubernur Sulawesi Utara dalam simulasi terbuka jawaban top of mind dari 1590 responden

1. Elly Engelbert Lasut (29,7 persen )
2. Jan Samuel Maringka (27,9)
3. Christiany Eugenia Paruntu (9,3)
4. Steven Kandouw (8,1)
5. Yulius Selvanus Komaling (4,6)
5. Tatong Bara, (3,2)
6. Vicky Lumentut (2,2)
7. Carlo Tewu (2,1)
tidak memilih 12,9 

“Namun dalam Survei LKPI  menemukan bahwa  tingkat akseptabilitas atau penerimaan Masyarakat  sebagai calon gubernur Sulawesi Utara  ,Jan Samuel Maringka paling tinggi dengan  angka 76,7 persen. Disusul Elly Engelbert Lasut ( 68,3  ),Steven Kandouw (58,7),Yulius Selvanus ᴋᴏᴍᴀʟɪɴɢ (48,9),Christiany Eugenia Paruntu (43,8),” kata Togu Lubis dalam keterangan tertulis, Selasa (2/7/2024).

 

Sementara itu, kata Togu Lubis, dalam survey juga tergambar Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Provinsi Sᴜʟᴀwesi Uᴛara ᴄapai 61,8  ᴘersen.Dan yang tidak puas mencapai 38,2 persen.
Survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) ini digelar 20-28 Juni 2024 di 11 Kabupaten dan 4 Kota di Sulawesi Utara, dengan melibatkan 1590 warga Sulawesi utara yang sudah memiliki Hak pilih pada pemilu 2024.Penarikan sampel sebanyak 1590 orang  menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan Margin of Error+/-2,46 dan Tingkat kepercayaan 95 persen.

Pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta Bambang Arianto menilai naiknya elektabilitas Jan Samuel Maringka 31,8
 Sebagai calon bakal Bubernur Sulawesi Utara 2024, karena adanya dorongan dari masyarakat Sulut yang ingin adanya perubahan dalam segala bidang terutama persoalan hukum.

“Kita melihat naiknya elektabilitas Jan Samuel Maringka sebesar  31,8 , karena masyarakat Sulut yang ingin adanya perubahan dalam segala bidang terutama persoalan hukum.,” kata Bambang kepada wartawan, Selasa (2/7/2024).

Bambang menyebutkan, Jan Samuel Maringka sebagai mantan Jamintel menjadi salah satu Masyarakat Sulut percaya adanya pengakan hukum. Dan Perubahan dalam membangun Sulawesi Utara (Sulut).

“Jan Samuel Maringka sebagai mantan Jamintel menjadi salah satu Masyarakat Sulut percaya adanya pengakan hukum. Dan Perubahan dalam membangun Sulawesi Utara (Sulut),” bebernya.

Menurut dia, masyarakat Sulut tidak lagi melihat kepemimpinan dari sosok incumbent atau  pejabat daerah , tetapi melihat dari kinerja yang nyata dan  yang bisa membawa perubahan bagi pertumbuhan ekonomi maupun keamanan.

 

“Masyarakat Sulut tidak lagi melihat kepemimpinan dari sosok incumbent atau  pejabat daerah , tetapi melihat dari kinerja yang nyata dan  yang bisa membawa perubahan bagi pertumbuhan ekonomi maupun keamanan,” ujarnya.

Kata dia, meskipun  Jan Samuel Maringkasebagai sosok yang baru di Sulut, namun Jan Sanuel  bisa memiliki peluang menang di Pilgub Sulut 2024, karena Masyarakat Sulut ingin adanya perubahan yang nyata.
“meskipun  Jan Samuel Maringkasebagai sosok yang baru di Sulut, namun Jan Sanuel  bisa memiliki peluang menang di Pilgub Sulut 2024, karena Masyarakat Sulut ingin adanya perubahan yang nyata,” imbuhnya.

Topik Menarik