Kronologi Pembubaran Tawuran sebelum Afif Maulana Ditemukan Tewas di Jembatan Kuranji

Kronologi Pembubaran Tawuran sebelum Afif Maulana Ditemukan Tewas di Jembatan Kuranji

Terkini | inews | Jum'at, 5 Juli 2024 - 01:15
share

JAKARTA, iNews.id - Penasihat Kapolri, Irjen (Purn) Aryanto Sutadi, mengungkapkan kronologi pembubaran tawuran di Jembatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), sebelum Afif Maulana (13) ditemukan tewas. Kronologi itu terungkap berdasarkan keterangan saksi.

Dia menjelaskan, semula Polsek Kuranji membubarkan tawuran dengan meminta back up dari 30 personel Polda Sumbar. Mereka lalu mengejar rombongan remaja yang hendak tawuran.

"Yang paling belakang adalah sepeda motor dinaiki Adit (Aditya, teman Afif) dan Afif. Oleh polisi yang mengejar ditendang kakinya, jatuh, dua-duanya terguling-guling," kata Ariyanto dalam program INTERUPSI iNews, Kamis (4/7/2024).

Menurut dia, usai terjatuh Afif sempat mengajak Adit untuk melompat ke sungai untuk menghindari kejaran polisi. Namun Adit menolak dan melarang Afif melompat.

"Setelah itu datang tim penyapu (polisi), ketika terguling-guling itu Afif lari ke jembatan, ngomong ke Adit, 'Bang kita lompat aja', dicegah oleh Adit. Ini keterangan saksi yang ada, ini saksi," ujar dia.

Dia mengatakan Adit sempat mencari HP-nya yang terjatuh. Adit lantas tertangkap oleh polisi yang mengejar.

Saat berbalik badan, kata dia, Adit tak mendapati Afif berada di jembatan. Adit pun melaporkan ke polisi bahwa Afif melompat ke sungai.

"Setelah itu Afif sudah tidak ada, dia (Adit) bilang ke yang menangkap, 'Pak teman saya lompat'. Polisi yang diajak ngomong itu, 'Ah itu tinggi', enggak dihiraukan sama polisi ini," tutur dia.

Selanjutnya, kata dia, Adit dibawa bersama 17 orang lain ke Mapolsek Kuranji. Di sana, Adit dan teman-temannya dianiaya oleh sejumlah oknum polisi.

"Kemudian Aditya bersama dengan 17 yang tawuran tadi dibawa ke Polsek Kuranji. Di situlah anak Bhayangkara yang muda-muda itu main pukul, ditendang, suruh jalan jongkok, itu memang terjadi," tuturnya.

Topik Menarik