Lapas Mamasa Intensifkan Pengawasan, Cegah Pelarian Warga Binaan

Lapas Mamasa Intensifkan Pengawasan, Cegah Pelarian Warga Binaan

Terkini | mamuju.inews.id | Kamis, 24 Oktober 2024 - 13:20
share

MAMASA, iNewsMamuju.id - Lapas Kelas III Mamasa terus berupaya menjaga keamanan dan ketertiban. Salah satunya dengan pemantauan dan pengawasan rutin yang dilakukan oleh petugas pengamanan di area pagar dalam dan branggang. 

Kegiatan pemantauan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pelanggaran maupun potensi gangguan keamanan di lingkungan Lapas Mamasa. 

Petugas keamanan secara sistematis memeriksa seluruh area pagar dalam dan branggang, memastikan tidak ada celah atau kondisi yang bisa dimanfaatkan oleh warga binaan maupun pihak luar. 

Langkah ini sangat penting untuk mendeteksi dini potensi penyelundupan barang-barang terlarang, pelarian, serta ancaman lain yang dapat mengganggu keamanan di Lapas Mamasa. 

Pemantauan dilakukan dengan teliti dan terkoordinasi. Petugas keamanan Lapas Mamasa dilengkapi dengan peralatan yang memadai dan didukung dengan SOP (Standard Operating Procedures) yang jelas. 

Selain itu, pengawasan di area pagar dalam dan branggang juga merupakan bagian dari langkah preventif yang dilakukan Lapas Mamasa dalam menciptakan lingkungan yang aman dan tertib bagi warga binaan dan petugas. 

Dengan melakukan patroli berkala, Lapas Mamasa dapat mengantisipasi segala bentuk tindakan yang dapat menimbulkan gangguan di kemudian hari.

Kepala Lapas Kelas III Mamasa Hastono menyatakan bahwa deteksi dini melalui pengawasan pagar dan branggang ini menjadi salah satu prioritas dalam menciptakan situasi kondusif di lingkungan pemasyarakatan. 

"Keamanan adalah hal yang mutlak, dan pemantauan secara berkala ini adalah bagian dari upaya kami untuk memastikan tidak ada celah bagi pelanggaran. Kami ingin menciptakan kondisi yang aman dan tertib, baik bagi warga binaan maupun seluruh petugas," jelasnya. 

Sementara itu, secara terpisah, Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, Pamuji Raharja, menekankan pentingnya pelaporan terkait kondisi Kamtib secara berkala. Kamis (24/10/2024). 

“Setiap pergerakan di area tersebut dicatat dan dilaporkan secara berkala ke pimpinan sebagai bahan evaluasi rutin untuk memperbaiki sistem pengamanan” harap salah seorang Kakanwil unit wilayah di bawah kepemimpinan Menkumham, Supratman itu 

Topik Menarik