Polres Malang Kerahkan 296 Personel Gabungan Amankan Debat Perdana Pilkada 2024

Polres Malang Kerahkan 296 Personel Gabungan Amankan Debat Perdana Pilkada 2024

Terkini | malang.inews.id | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 16:40
share

MALANG, iNewsMalang.id - Polres Malang menyiapkan 296 personel gabungan untuk mengamankan debat pertama pasangan calon bupati dan wakil bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang 2024. 

 

Debat tersebut akan berlangsung di Gedung DPRD Kabupaten Malang pada Jumat, (25/10/2024), mulai pukul 19.00 WIB.

 

Kasihumas Polres Malang, AKP Ponsen Dadang Martianto, menjelaskan bahwa personel gabungan berasal dari berbagai instansi, termasuk Polres Malang, Kodim 0818 Malang-Batu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Dinas Perhubungan Kabupaten Malang. 

 

Fokus pengamanan terletak di Gedung DPRD dan sekitarnya untuk memastikan ketertiban selama debat.

 

“Pengamanan debat pertama Pilkada Kabupaten Malang 2024 ini melibatkan 296 personel yang ditempatkan di berbagai titik strategis,” kata AKP Ponsen Dadang saat dikonfirmasi di Polres Malang.

 

Personel dibagi dalam tiga lapisan. Ring 1 bertugas di dalam area debat, Ring 2 berada di sekitar lobi dan pintu masuk gedung, sementara Ring 3 mengamankan area terluar, termasuk pintu-pintu masuk dan area parkir.

 

"Penjagaan difokuskan di pintu masuk dan area lobi untuk mengantisipasi kehadiran massa pendukung pasangan calon. Kami juga menyediakan pengawalan khusus bagi masing-masing paslon dari kediaman mereka hingga lokasi debat," tambahnya.

 

Ponsen, menekankan bahwa seluruh personel akan bertindak humanis dan mengedepankan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Dalam menjaga keamanan, tidak ada personel yang dilengkapi senjata api untuk menjaga suasana tetap kondusif.

 

Debat ini sangat penting bagi rangkaian Pilkada Kabupaten Malang 2024, di mana dua pasangan calon, Sanusi-Lathifah Shohib (Salaf) dan Gunawan HS-Umar Usman (GUS), akan beradu visi dan misi selama 120 menit. 

Topik Menarik