Operasi Zebra Menumbing 2024 di Babel Resmi Dimulai

Operasi Zebra Menumbing 2024 di Babel Resmi Dimulai

Terkini | lintasbabel.inews.id | Senin, 14 Oktober 2024 - 20:40
share

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) resmi memulai Operasi Zebra Menumbing 2024. Hal ini ditandai dengan dilaksanakannya Apel Gelar Pasukan yang berlangsung di Mapolda, Senin (14/10/2024).

Apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Wakapolda Bangka Belitung Brigjen Pol Tony Harsono dan dihadiri oleh Pj. Gubernur, unsur Forkopimda Babel serta Pejabat Utama Polda Babel.


Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Menumbing 2024 di Mapolda, Senin (14/10/2024). Foto: Istimewa.
 

Dari pantauan, Wakapolda turut melakukan pengecekan personel serta menyematkan pita tanda dimulainya operasi kepada perwakilan personel TNI, Polri serta Dishub.

Wakapolda dalam sambutannya mengatakan operasi ini akan berlangsung selama 14 hari kedepan terhitung pada 14 Oktober hingga 27 Oktober mendatang.

Apel ini juga, kata Wakapolda dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024.

"Ini juga sekaligus untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan Operasi dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan," kata Wakapolda.

 

Selain itu, dipaparkan Wakapolda, data jumlah perbandingan pelanggaran lalu lintas berupa tilang ditahun 2023 dan 2024 mengalami kenaikan trend sebanyak 16 persen. 

Untuk jumlah laka lantas, lanjut Wakapolda, juga mengalami penurunan trend sebanyak -24 persen dengan korban meninggal dunia turun -19 persen.

"Dari data ini, kita patut menyadari dalam mengatasi permasalahan ini, Polri tidak bisa berdiam diri bahkan wajib melakukan berbagai upaya untuk menciptakan kamseltibcarlantas sesuai amanat undang-undang," ucapnya.

"Tugas ini merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh Polantas sendiri melainkan diperlukan adanya Sinergitas antar pemangku kepentingan dalam menyelesaika akar masalah bidang Lalu Lintas," katanya lagi.

 

Mencermati hal tersebut, Jenderal Bintang Satu ini berharap Jajaran Direktorat Lalu Lintas mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi agar dapat merubah mindset masyarakat menjadi sadar dan taat aturan Lalu Lintas.

"Harapan kita bila kerjasama antara Polri, Pemerintah, TNI dan masyarakat sudah terjalin dengan baik tentunya mampu menciptakan kamseltibcarlantas dengan sendirinya, sehingga potensi pelanggaran, kemacetan serta kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir," ucapnya.

Ia juga menambahkan, dalam Operasi Zebra saat ini bertepatan dengan penyelenggaraan kampanye Pilkada di beberapa daerah di Wilayah Hukum Bangka Belitung.

Topik Menarik