Simak! Ini Cara Mencegah Penyakit Gagal Ginjal Kronis yang Membahayakan Nyawa

Simak! Ini Cara Mencegah Penyakit Gagal Ginjal Kronis yang Membahayakan Nyawa

Gaya Hidup | kutai.inews.id | Rabu, 2 Oktober 2024 - 13:00
share

JAKARTA, iNewsKutai.id – Cara mencegah penyakit gagal ginjal penting diketahui di tengah meningkatnya jumlah pasien penyakit yang membahayakan nyawa ini.

Gagal ginjal adalah kondisi serius di mana sekitar 85 hingga 90 persen ginjal tidak lagi berfungsi dengan baik. Kondisi dapat mengancam kehidupan seseorang. 

Sayangnya, hingga saat ini, belum ada obat yang dapat menyembuhkan gagal ginjal. Namun, pengobatan dan perawatan yang tepat dapat membantu memperpanjang usia dan meningkatkan kualitas hidup. 

Karena itu, pencegahan sejak dini sangat penting. Salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Dilansir dari Healthline pada Rabu (2/10/2024), berikut 10 cara efektif untuk mencegah gagal ginjal:

Cara Mencegah Penyakit Gagal Ginjal

1. Jaga Kadar Gula Darah

Diabetes merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan gagal ginjal. Oleh karena itu, penting untuk mengontrol kadar gula darah melalui diet sehat dan olahraga.

2. Jaga Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat berkontribusi pada penyakit jantung dan gagal ginjal. Memantau dan mengelola tekanan darah sangat penting.

3. Konsumsi Makanan Menyehatkan Jantung

Pola makan yang seimbang dengan fokus pada makanan sehat untuk jantung, seperti biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, serta rendah gula dan kolesterol, dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

4. Kontrol Berat Badan

Obesitas meningkatkan risiko kondisi yang berhubungan dengan gagal ginjal, termasuk diabetes dan hipertensi. Menjaga berat badan ideal dapat membantu mengurangi risiko ini.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Dehidrasi dapat mengurangi aliran darah ke ginjal dan menyebabkan kerusakan. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter tentang jumlah air yang ideal untuk dikonsumsi setiap hari.

 

6. Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok dapat mengurangi aliran darah ke ginjal dan merusak fungsi ginjal, baik pada orang yang sudah memiliki penyakit ginjal maupun tidak.

7. Kurangi Asupan Garam

Konsumsi garam yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Mengurangi asupan garam adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan ginjal.

8. Batasi Konsumsi Alkohol

Alkohol dapat meningkatkan tekanan darah dan menambah kalori yang tidak diperlukan, yang berisiko menyebabkan penambahan berat badan.

9. Batasi Penggunaan Obat Pereda Nyeri

Penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen dalam dosis tinggi dapat mengurangi aliran darah ke ginjal, sehingga berpotensi membahayakan fungsi ginjal.

10. Kelola Stres

Mengurangi stres dan kecemasan dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang bermanfaat untuk kesehatan ginjal.

Dengan menerapkan 10 langkah ini dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menjaga kesehatan ginjal dan mencegah terjadinya gagal ginjal. Prioritaskan kesehatan diri dan lakukan perubahan positif untuk masa depan yang lebih baik.

artikel ini telah tayang di sindonews.com

Topik Menarik