iPhone 16 Belum Sertifikasi TKDN, Gagal Rilis?

iPhone 16 Belum Sertifikasi TKDN, Gagal Rilis?

Gaya Hidup | bandungraya.inews.id | Rabu, 2 Oktober 2024 - 15:20
share

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Kabar buruk bagi penikmat HP produk Apple, iPhone. Di mana, iPhone 16 series terancam tidak rilis di Indonesia pada Oktober ini. Diketahui, smartphone ini sudah diluncurkan secara global pada pertengahan September 2024.

iPhone 16 series terancam gagal rilis di Indonesia lantaran belum terdaftar dalam situs Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Pasalnya, sertifikasi TKDN merupakan syarat wajib bagi perangkat telekomunikasi yang ingin dipasarkan di Indonesia.

Dari pantauan di situs TKDN Kemenperin per 1 Oktober 2024, belum ditemukan sertifikasi dari iPhone 16 series, baik iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro maupun iPhone 16 Pro Max.

Namun kabarnya, saat ini Apple sedang proses pengajuan Proposal Pengembangan Inovasi melalui sektor pembinaan di Kemenperin.

Sesuai dengan regulasi, perpanjangan pengembangan inovasi dapat diberikan apabila pemohon telah menyampaikan laporan realisasi pengembangan inovasi.

 

Dengan mengajukan Proposal Pengembangan Inovasi, artinya Apple akan menggunakan skema yang sama dengan tahun lalu. iPhone 15 menggunakan TKDN berbasis pengembangan inovasi.

Topik Menarik