Kobar Expo 2024  Kenalkan UMKM dan Program Pemerintah ke Masyarakat

Kobar Expo 2024 Kenalkan UMKM dan Program Pemerintah ke Masyarakat

Terkini | kobar.inews.id | Senin, 28 Oktober 2024 - 05:40
share

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - DPRD Kotawaringin Barat (Kobar) memberikan apresiasi tinggi terhadap pelaksanaan Kobar Expo 2024 yang mengangkat sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta memperkenalkan berbagai program pemerintah daerah kepada masyarakat luas.

Menurut Wakil Ketua I DPRD Kobar, Rudi Imam Gunawan, Kobar Expo 2024 menjadi momentum penting bagi pemerintah daerah, instansi, dan masyarakat dalam membangun komunikasi dan interaksi yang lebih erat.

“Expo ini bukan hanya sekadar pameran biasa, tetapi juga wadah yang mempertemukan masyarakat dengan dinas-dinas yang ada di Kotawaringin Barat. Selain itu, UMKM lokal dapat lebih dikenal dan mendekatkan produk-produknya ke konsumen yang lebih luas,” ujar Rudi Imam Gunawan, Senin 28 Oktober 2024.

Kobar Expo 2024 ini menyajikan berbagai macam stand dari dinas pemerintahan yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai program dan pelayanan yang mereka tawarkan kepada masyarakat.

Di antaranya Dinas Kesehatan yang memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis, Dinas Sosial yang menyosialisasikan program bantuan sosial, serta Dinas Pendidikan yang mengenalkan program pendidikan untuk anak-anak dan pelajar.

Melalui stand-stand tersebut, masyarakat dapat memperoleh informasi langsung tentang berbagai layanan yang mungkin selama ini belum mereka ketahui.

Selain pemerintah daerah, partisipasi dari pihak swasta, TNI, Polri, dan Kejaksaan Negeri juga menjadi daya tarik tersendiri dalam acara ini. Keikutsertaan mereka dalam Kobar Expo 2024 menunjukkan sinergi yang kuat antara pemerintah, aparat, dan pihak swasta dalam mendukung perkembangan daerah.

Misalnya, stand TNI-Polri menyediakan edukasi seputar keamanan dan ketertiban masyarakat serta membuka dialog dengan warga.

Sementara itu, stand dari pihak swasta menampilkan berbagai produk inovatif, mulai dari teknologi hingga layanan perbankan yang memudahkan masyarakat dalam bertransaksi.

Wakil Ketua I DPRD Kobar menambahkan, kehadiran UMKM lokal di Kobar Expo 2024 membawa angin segar bagi pelaku usaha kecil yang membutuhkan dukungan untuk berkembang.

“UMKM adalah tulang punggung ekonomi kita. Dengan adanya Kobar Expo, UMKM dapat memperluas pasar dan memperkenalkan produk unggulan mereka kepada masyarakat. Kami di DPRD mendukung penuh kegiatan yang memajukan UMKM, sebab ini akan berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi daerah.”

Salah satu pelaku UMKM yang turut berpartisipasi dalam expo ini adalah Dewi, pemilik usaha kerajinan tangan khas Kotawaringin Barat.

Dewi mengaku antusias mengikuti Kobar Expo 2024 karena selain meningkatkan penjualan, acara ini juga membantunya mendapatkan umpan balik langsung dari para pengunjung yang tertarik dengan produk-produk buatannya.

“Acara seperti ini sangat bermanfaat, kami jadi lebih dikenal dan produk kami pun diminati oleh masyarakat,” kata Dewi.

Antusiasme masyarakat pun tampak sangat tinggi terhadap Kobar Expo 2024 ini. Banyak warga yang datang bersama keluarga dan sahabat untuk melihat-lihat stand, menikmati hiburan yang disajikan, hingga mencoba berbagai produk UMKM.

Dengan kesuksesan Kobar Expo 2024, DPRD Kotawaringin Barat berharap agar kegiatan serupa dapat menjadi agenda tahunan yang terus dilaksanakan dan dikembangkan.

“Kami berharap ke depan, Kobar Expo bisa terus diadakan dengan skala yang lebih besar dan partisipasi yang semakin beragam. DPRD akan selalu mendukung kegiatan positif seperti ini yang berdampak langsung pada masyarakat,” tutup Rudi Imam Gunawan.

Topik Menarik