Kejari TTU Ikut Upacara Bendera Bareng Siswa Sekolah Pelita Karya, Ini Pesan yang Disampaikan

Kejari TTU Ikut Upacara Bendera Bareng Siswa Sekolah Pelita Karya, Ini Pesan yang Disampaikan

Nasional | karanganyar.inews.id | Senin, 21 Oktober 2024 - 13:50
share

KEFAMENANU, iNewskaranganyar.id - Kejaksaan Negeri (Kejari) Timor Tengah Utara Firman Setyawan, hadiri upacara bendera di Sekolah Menengah Atas Pelita Karya (SMA PK) pada  Senin,  (21/10/2024) sekitar pukul 07.00 WITA.

Upacara ini dilaksanakan pimpinan langsung oleh Kejari TTU Firman Setyawan yang selaku inspektur upacara dan diikuti oleh Kepala sekolah SMA Pelita Karya Alexander Salu, para guru dan Tata Usaha serta siswa-siswi.

Kepala Kejaksaan Negeri TTU dalam sambutannya menekankan 9 Nilai Integritas yang perlu dijadikan pedoman dan dilaksanakan diantaranya:

1. Jujur berarti berkata dan bertindak sesuai dengan kebenaran. Kejujuran adalah pondasi dari integritas, di mana seseorang harus jujur dalam perkataan, perbuatan, dan niat. Kejujuran membangun kepercayaan dan kredibilitas di mata orang lain.

2. Tanggung jawab adalah kesediaan seseorang untuk menerima tugas dan melaksanakannya dengan sepenuh hati. Seseorang yang bertanggung jawab selalu siap untuk menanggung konsekuensi dari tindakannya dan menyelesaikan tugas yang telah diberikan.

3. Disiplin adalah kemampuan untuk mematuhi aturan dan komitmen yang telah dibuat. Orang yang disiplin konsisten dalam menjalankan tugas, patuh pada waktu, dan tidak mudah terpengaruh oleh godaan yang menghalangi tujuan mereka.

4. Kerja keras berarti bersedia untuk mengerahkan tenaga dan usaha yang maksimal dalam mencapai tujuan. Nilai ini mengajarkan ketekunan dan tidak mudah menyerah, meskipun menghadapi hambatan dan kesulitan.

5. Mandiri adalah kemampuan untuk bertindak sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain. Seseorang yang mandiri dapat mengambil keputusan, bertindak, dan menyelesaikan masalah dengan sumber daya yang dimilikinya.

6. Sederhana berarti hidup tanpa berlebihan dan bersikap bijak dalam menggunakan sumber daya yang ada. Kesederhanaan mencerminkan kebijaksanaan dalam memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan, dan menghindari perilaku konsumtif yang berlebihan.

7. Berani adalah memiliki keberanian untuk menghadapi tantangan dan bertindak dengan keyakinan meskipun ada risiko. Keberanian ini termasuk dalam mengungkapkan kebenaran, menolak ketidakadilan, dan melawan perilaku yang salah.

 

8. Peduli adalah sikap empati terhadap orang lain dan lingkungan sekitar. Orang yang peduli selalu berusaha membantu mereka yang membutuhkan, serta menjaga kelestarian lingkungan demi kebaikan bersama.

9. Adil berarti bersikap seimbang dan memberikan hak kepada setiap orang sesuai dengan porsinya. Keadilan adalah dasar dari kehidupan yang harmonis, di mana setiap keputusan didasarkan pada prinsip kesetaraan dan kebenaran, tanpa memihak pada kepentingan pribadi.

Sekadar catatan bahwa kegiatan yang dilakukan Kejari juga TTU tak hanya di satu sekolah saja tetapi di sekolah lain juga dilakukan hal serupa.***

 

Topik Menarik