Presiden Jokowi Resmi Buka Peparnas XVII di Solo, 9.895 Lembar Tiket Ludes Terjual

Presiden Jokowi Resmi Buka Peparnas XVII di Solo, 9.895 Lembar Tiket Ludes Terjual

Olahraga | karanganyar.inews.id | Minggu, 6 Oktober 2024 - 23:00
share

SOLO, iNewskaranganyar. id - Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII 2024, di Stadion Manahan, Solo, Minggu (6/10/2024).

Saat membuka Papernas, Jokowi sangat bangga melihat semangat dan daya juang yang ditunjukan para atlet. Meski dengan keterbatasan, namun para atlet ini memiliki semangat luar biasa untuk mengibatkan bendera merah putih, mengharumkan nama bangsa di ajang olahraga tingkat nasional.

Terbukti, tiga kali gelar juara umum berturut-turut di ajang ASEAN Paragames mampu ditunjukkan. 

"Kita semua patut berbangga karena para atlet penyandang disabilitas Indonesia daya juangnya luar biasa, prestasinya juga sangat membanggakan. Ini ditunjujan dengan tiga kali berturut-turut, tahun 2017, 2022 dan 2023, juara umum,"papar Jokowi. 


Pesta kembang api warnai pembukaan Papernas XVII (Foto: Ist)

 

Sementara itu jalannya pembukaan Papernas di Stadion Manahan Solo berlangsung meriah ribuan masyarakat begitu antusias menyaksikan jalannya pembukaan Papernas. 

Ini terlihat dari ribuan kursi penonton di tribun sisi utara, selatan, dan barat Stadion Manahan Solo penuh. 

Pantauan, sejak dibuka pukul 15.00 WIB, masyarakat sudah rela antri untuk masuk ke area tribun Stadion Manahan, Solo. Penonton satu persatu masuk dengan tertib bergantian melewati gerbang pemeriksaan dan mesin metal detector. 

Kemudahan akses memasuki area upacara pembukaan juga didapati para penonton, khususnya bagi para penonton disabilitas. Para relawan juga secara sigap memberikan bantuan para penonton memasuki lokasi acara.

Salah satu penonton yang juga atlet Para E-Sport MLBB asal Bandung, Agung Ilham Santoso mengungkapkan bahwa pembukaan PEPARNAS XVII Solo 2024 cukup menarik. 

"Saya baru pertama kali ikut upacara pembukaan event olahraga nasional seperti ini. Ya ini cukup menarik, apalagi dibuka untuk umum," kata Agung Ilham.

 

Ia mengakui penyelenggaraan Papernas  ini juga ramah bagi para teman-teman disabilitas karena akses yang mudah untuk masuk ke dalam stadion. 

Agung menyebut meski dirinya menggunakan kursi roda, namun dipermudah dengan aksesibilitas lokasi khusus.

Sebagai atlet, lanjut Agung, pembukaan ini menjadi semangat tersendiri menjelang penyelenggaraan turnamen. Hal ini menjadi pemicu untuk mencurahkan tenaga demi hasil terbaik di ajang ini. 

"Rasanya untuk turnamen nanti semakin ada semangat, ya berpikir positif saja supaya bisa lolos untuk babak berikutnya," katanya. 

Berdasarkan dari data alokasi tiket, terdapat 9.895 lembar tiket upacara pembukaan PEPARNAS XVII 2024 yang ludes diserbu masyarakat kurang dari 24 jam sejak dibuka. Masyarakat antusias untuk ikut memeriahkan acara Opening Ceremony PEPARNAS XVII SOLO 2024.

Apalagi pembukaan Papernas ini menampilkan sederet artis ternama. Serta pertunjukan Kreatif teman disabilitas, Parade Atlet, penampilan grup band rock legendaris Indonesia, God Bless dan ditutup suara merdu Yeni Inka. ***

 

Topik Menarik