KM Natuna Express Terbakar di Laut Banda Wakatobi, Penumpang Panik Menjerit Histeris

KM Natuna Express Terbakar di Laut Banda Wakatobi, Penumpang Panik Menjerit Histeris

Infografis | sindonews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 13:56
share

KM Natuna Express yang berlayar dari Pelabuhan Lasalimu, Kabupaten Buton menuju Pelabuhan Wanci, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), terbakar di tengah laut pada Jumat (4/10/2024) siang.

Kebakaran tersebut menimbulkan kepanikan di antara para penumpang, dan video detik-detik terbakarnya kapal tersebut viral di media sosial. Dalam video amatir yang diambil oleh salah seorang penumpang, terlihat kobaran api muncul dari bagian belakang kapal.

Suara histeris para penumpang, yang kebanyakan wanita, terdengar jelas memohon pertolongan. Beberapa di antaranya terlihat berebut mengambil dan mengenakan pelampung, bersiap menghadapi situasi darurat.

Baca juga: KM Bintang Tamalate Diterjang Ombak di Perairan Takalar, 5 Penumpang Hilang

Menurut informasi awal, kebakaran terjadi kurang lebih satu jam setelah kapal berangkat dari Dermaga Lasalimu, Kabupaten Buton. Penumpang dan awak kapal bahu membahu memadamkan api dengan menggunakan air laut.

Beruntung, api berhasil dipadamkan sebelum merembet ke bagian lain kapal. Meskipun api telah berhasil dipadamkan, kapal yang seharusnya tiba di Pelabuhan Wanci pada pukul 12.30 WITA tersebut masih berada di tengah laut.

Tim SAR dan polisi air setempat segera dikerahkan untuk mengevakuasi penumpang dan memastikan keselamatan seluruh orang di kapal. Kebakaran diduga berasal dari barang bawaan penumpang yang diletakkan di bagian depan kapal.

Meskipun api sempat membesar, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Hingga saat ini, pihak kepolisian belum dapat memastikan penyebab pasti kebakaran dan masih melakukan

Sementara itu, Kasi Humas Polres Wakatobi Aiptu Asbar, membenarkan kejadian tersebut. "Iya, kapal penumpang tujuan Lasalimu-Wanci terbakar. Saat ini tim SAR sedang dalam proses evakuasi,” kata Asbar kepada wartawan, Jumat (4/10/2024).

Namun hingga kini belum ada laporan resmi mengenai kerugian material yang dialami akibat kebakaran tersebut. Setelah api padam, KM Natuna Express melanjutkan perjalanannya menuju Pelabuhan Wanci, Wakatobi.

Topik Menarik