Survei LSI Pilgub Aceh, Elektabilitas Muzakir Manaf Ungguli Bustami Hamzah

Survei LSI Pilgub Aceh, Elektabilitas Muzakir Manaf Ungguli Bustami Hamzah

Infografis | sindonews | Rabu, 25 September 2024 - 19:23
share

Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkap hasil survei elektabilitas calon gubernur Aceh. Hasilnya Muzakir Manaf alias Mualem lebih unggul dibanding calon lainnya Bustami Hamzah.

Berdasarkan survei yang dilakukan pada pertengahan Juli 2024, Mualem meraih dukungan sebesar 41,3. Sementara Bustami Hamzah yang saat itu menjabat sebagai Pj Gubernur Aceh memperoleh 13,2.

Survei ini mengajukan pertanyaan kepada responden, “Jika pemilihan langsung Gubernur Aceh diadakan hari ini, siapa yang akan Anda pilih?” Hasilnya, Mualem mengumpulkan suara signifikan. Namun sebanyak 45,6 responden masih belum menentukan pilihan atau tidak menjawab.Baca juga:Ini Sebaran 8 Pasangan Calon Kepala Daerah Tak Lolos Pencalonan, 3 di Antaranya dari Aceh

LSI menyelenggarakan survei ini untuk memetakan peluang kemenangan tokoh-tokoh yang akan berlaga dalam pemilihan kepala daerah di Aceh. Survei ini melibatkan 800 responden yang dipilih melalui metode multistage random sampling, dengan margin of error sebesar 3,5 dan tingkat kepercayaan 95.

Populasi yang disurvei adalah warga Aceh berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Dalam laporannya, LSI menyebutkan komposisi responden terdiri dari 49,1 laki-laki dan 50,9 perempuan, terdistribusi secara proporsional di seluruh kabupaten/kota di Aceh. Pewawancara yang terlatih melakukan wawancara tatap muka kepada responden terpilih.

Sebagai lembaga independen dan non-partisan, LSI terus berupaya memberikan gambaran peta elektoral yang akurat bagi publik. Hasil survei ini diharapkan dapat memberikan gambaran awal tentang kekuatan masing-masing calon jelang Pilgub Aceh.

Topik Menarik