Kombes Himawan Sutanto Dilantik Jadi Direktur Reserse Siber, Ini Pesan Kapolda Jateng

Kombes Himawan Sutanto Dilantik Jadi Direktur Reserse Siber, Ini Pesan Kapolda Jateng

Infografis | sindonews | Rabu, 25 September 2024 - 15:55
share

Kapolda Jateng Irjen Pol Ribut Hari Wibowo memimpin serah terima jabatan pejabat utama Direktur Reserse Siber (Dirressiber) Polda Jateng, Rabu (25/9/2024). Direktorat Reserse Siber adalah satuan kerja baru yang dibentuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dirressiber Polda Jateng yang dilantik adalah Kombes Pol Himawan Sutanto Saragih, sebelumnya bertugas sebagai Dirpolairud Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Selain itu, jabatan Direktur Reserse Kriminal Khusus juga diganti dari Kombes Pol Dwi Subagio ke Kombes Pol Arif Budiman yang sebelumnya adalah Analis Kebijakan Madya Bidang Pembinaan Karir SSDM Polri.

Baca juga: 3 Kombes Dimutasi Jadi Kapolres di Jajaran Polda Jatim, Ini Sosoknya

Kombes Dwi nantinya menduduki jabatan baru sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jateng menggantikan Kombes Pol Johanson Simamora, namun sertijabnya belum dilakukan.

Mutasi perwira menengah ini berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor: Kep/1608/IX/2024 dan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2098/IX/2024, yang mengatur tentang pengukuhan pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri.

“Organisasi Polri harus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, baik dari segi struktur maupun budaya kerja. Kita harus memiliki visi dan misi yang jelas, yang dapat menjawab harapan masyarakat terhadap kinerja Polri,” ujar Kapolda Jateng Irjen Ribut Wibowo pada amanatnya.

Kapolda Jateng juga mengingatkan para pejabat yang dilantik agar senantiasa melakukan perbaikan diri untuk menciptakan budaya kerja yang lebih baik.

Baca juga: Karier Moncer Kombes Gidion Arif Setyawan, Kapolrestabes Medan yang Ahli Bidang Reserse

“Perubahan harus dimulai dari diri kita sendiri. Masyarakat menanti hasil kerja kita semua, dan saya minta para pejabat segera menyesuaikan diri dengan amanah yang diberikan serta responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” tegasnya.

Dia menambahkan, pelaksanaan Operasi Mantap Praja Candi 2024 menjadi ujian bagi soliditas dan kesiapsiagaan seluruh personel Polda Jateng dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Saya ingin Jawa Tengah guyub dan rukun. Mari kita hindari hal-hal yang tidak penting dan fokus pada tugas pokok kita, demi terciptanya kondisi yang aman dan kondusif di Jawa Tengah,” pungkasnya.

Menutup amanatnya, Kapolda Jateng menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pejabat lama atas dedikasi dan kontribusinya dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Polda Jawa Tengah.

“Saya sangat terbantu dengan loyalitas, tanggung jawab, dan produktivitas yang ditunjukkan oleh Kombes Pol Dwi Subagio,” tutupnya.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Artanto menyampaikan bahwa pelaksanaan sertijab ini merupakan bagian dari dinamika organisasi Polri yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

“Mutasi adalah bagian dari tour of duty dan tour of area, harapannya tercipta efisiensi, efektivitas, dan profesionalisme harus menjadi prioritas dalam menjalankan tugas, khususnya dalam pengamanan Pilkada serentak yang sedang berlangsung,” ucapnya.

Topik Menarik