Kaltim Raih Juara Pertama Fahmil Quran Putra MTQN 2024

Kaltim Raih Juara Pertama Fahmil Quran Putra MTQN 2024

Infografis | sindonews | Minggu, 15 September 2024 - 10:02
share

Pelaksanaan cabang lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) ke-30 yang berlangsung di Kota Samarinda telah memasuki hari terakhir. Kafilah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim)berhasil meraih juara pertama di cabang Fahmil Quran golongan putra dengan nilai tertinggi 1.910.

Kaltim berhasil mengalahkan Provinsi Sumatera Selatan yang memperoleh nilai 1.470 dan Provinsi Riau dengan nilai 1.040. Babak final Cabang Fahmil Quran putra dan putri yang diikuti oleh kafilah Kaltim dilaksanakan di Odah Etam, Jalan Gajah Mada, kawasan Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda, Sabtu (14/9/2024).Baca juga:Kisah Jenderal Kopassus Berondong Gerombolan DI/TII Pakai AK-47, Shock Jalani Misi Pertama

Sekda Kalimantan Timur, Sri Wahyuni turut menyaksikan lomba tersebut dan memberikan apresiasi. Dia menyatakan lomba ini merupakan salah satu yang tersulit karena mengharuskan peserta menguasai berbagai bidang.

"Alhamdulillah sempat spot jantung juga. Tapi di akhir luar biasa anak kita performanya. Selamat kepada kafilah putra cabang Fahmil Quran Provinsi Kalimantan Timur atas prestasi mereka menduduki peringkat pertama," ujarnya.

Sementara, pelatih cabang Fahmil Quran golongan putra Kaltim, Samsiroh mengaku bersyukur atas raihan prestasi membanggakan ini.

"Kita bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang luar biasa. Anak-anak putra saya latih mulai tahun 2020, latihan yang selama ini tidak sia-sia, bisa mengharumkan nama Kalimantan Timur mendapat juara 1," tuturnya.

Samsiroh memuji kegigihan anak binaannya dalam belajar. Ia mengakui bahwa materi Fahmil Quran merupakan salah satu cabang lomba yang paling sulit dalam MTQ.

Guru SMP Vidatra Bontang ini menjelaskan bahwa para kafilah telah memulai latihan sejak delapan bulan lalu. “Mereka telah terbiasa mengerjakan berbagai soal, seperti terjemahan Quran dan hadis, kandungan ayat Alquran, serta kisah-kisah para nabi dan sahabat, dan masih banyak lagi,” jelasnya.

Dalam babak pertanyaan rebutan, peserta dari Kaltim menunjukkan dominasi mereka. Bahkan sebelum dewan hakim selesai membacakan soal, kafilah Kaltim sudah memotongnya dan langsung memberikan jawaban yang benar.

Tak kalah membanggakan Fahmil Quran golongan putri juga menempatkan Kaltim sebagai juara. Kafilah Kaltim berhasil meraih juara kedua di cabang Fahmil Quran. Sementara juara satu diraih kafilah Sumatera Selatan dan juara tiga diraih kafilah Jawa Timur.

Baca juga:Komjen Polisi Aktif Kelahiran Jawa Tengah, Nomor 2 Teman Satu Angkatan Kapolri

Cabang Fahmil Quran terdiri dari tiga orang per tim. Mereka menjawab pertanyaan yang diajukan oleh juri. Kompetisi ini menguji pengetahuan kafilah mengenai pemahaman Al-qur'an, hadis, dan dunia Islam secara holistik.

Topik Menarik