Pembangunan Musala Nurul Huda di Pedalaman Papua Rampung Dibangun

Pembangunan Musala Nurul Huda di Pedalaman Papua Rampung Dibangun

Infografis | sindonews | Sabtu, 14 September 2024 - 07:16
share

Pembangunan Musala Nurul Huda di Senggo, Mappi, Distrik Citak Mitak, Papua Selatan berhasil diselesaikan. Proyek ini dipelopori oleh Yayasan Ada Orang Baik bersama jamaah setempat.

Pembangunan musala ini memakan waktu sekitar dua tahun, dimulai pada akhir 2022 dan dilanjutkan sepanjang tahun 2023, hingga siap digunakan pada April 2024.

Relawan Yayasan Ada Orang Baik Ardian Kurniawan Santoso mengatakan, awalnya merencanakan pembangunan musala di Tembraw, Sorong, Papua Barat Daya. Namun, rencana tersebut tidak berjalan sesuai harapan akibat sulitnya akses jalan.

Baca juga: Tunjukkan Komitmen dalam Pendidikan, YPPH Bangun Sekolah hingga Pedalaman Papua

“Akses jalan yang sulit membuat material bangunan tak bisa masuk ke lokasi. Setelah hampir dua tahun, kami akhirnya memutuskan untuk memindahkan lokasi pembangunan ke Senggo, Mappi,” ujar Ardian dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (14/9/2024).

Meskipun telah memilih lokasi baru, tantangan di pedalaman tetap ada. “Bukan berarti perjalanan ke Senggo lancar. Kendala di pedalaman masih ada, tapi alhamdulillah, dengan upaya keras, kami bisa memulai pembangunan musala, termasuk penyediaan air bersih,” tambah Ardian.

Jamaah Musala Nurul Huda mayoritas merupakan mualaf yang sebelumnya diusir dari daerah lain. Mereka mengungsi ke Senggo dan berusaha membangun kehidupan baru. “Kami butuh tempat ibadah dan belajar agama untuk anak-anak,” kata imam Mushola Nurul Huda.

“Umat Muslim ibarat satu tubuh, jika satu bagian sakit, kita semua merasakan. Karena itu, kita harus saling membantu,” sambungnya.

Musala Nurul Huda kini akan menjadi pusat ibadah, pembinaan karakter anak, serta kegiatan masyarakat di Senggo. Selain pembangunan musala, Yayasan Ada Orang Baik menjalankan berbagai program sosial lainnya yang bertujuan untuk memberikan bantuan.

Topik Menarik