Gadis Cantik Asal Sumedang Ini Lolos Paskibraka Nasional, Siap Kibarkan Bendera Merah Putih di IKN

Gadis Cantik Asal Sumedang Ini Lolos Paskibraka Nasional, Siap Kibarkan Bendera Merah Putih di IKN

Infografis | sindonews | Jum'at, 28 Juni 2024 - 13:57
share

Sofia Sahla dipastikan lolos seleksi sebagai petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional tahun 2024 mewakili Provinsi Jawa Barat.

Gadis cantik siswi kelas 10 dari SMA Negeri Situraja, Kabupaten Sumedang tersebut akan tampil saat upacara pengibaran bendera merah putih di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Baca juga: Perjalanan Panjang Gadis Cantik Asal Kota Lama Jadi Paskibraka di Istana Negara

Kepala Bidang Ide Gagasan dan Wawasan Kebangsaan pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Sumedang, Ova Latva Fauza mengatakan, Sofia lolos setelah menjalani serangkaian tes.

"Setelah melalui proses yang sangat panjang ananda Sofia Sahla dinyatakan lolos seleksi paskibraka tingkat nasional mewakili Provinsi Jawa Barat. Bahkan Sofia menjadi terbaik pertama di Jabar,” ucap Ova, dikutip Jumat (28/6/2024).

Sementara itu, Ketua Purna Paskibraka Kabupaten Sumedang, Riky Bagus Pratama menyebutkan bahwa sejauh ini posisi Sofia di Paskibraka tingkat nasional masih belum diketahui. Mengingat, penentuan posisi ditentukan H-1 atau bahkan pada hari H.

"Jadi dari 76 paskibraka tingkat nasional itu, kami juga belum mengetahui posisi ananda Sofia. Memang untuk hal seperti itu kami belum bisa mengakses serta belum dilakukan latihan. Apakah Sofia ada di posisi baki atau apa, yang pasti kami dari Purna Paskibraka terus mengawal ini,” jelas Riky.

Baca juga: Profil Lilly Wenda, Paskibraka Cantik Pembawa Baki Bendera Nasional 2023

Riky mengatakan, pihaknya menerima informasi terkait lokasi upacara peringatan HUT ke-79 RI di IKN masih dalam pertimbangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Meski begitu, per 12 Juli 2024 mendatang Sofia akan berangkat dan akan menjalani latihan di minggu kedua bulan Juli selama 40 hari lamanya di asrama.

“Kesempatan ini tidak datang dua kali, semoga Sofia Sahla menjalankan tugas dengan baik dan menjadi contoh baik bagi generasi muda juga bagi calon paskibraka yang akan datang. Sofia ini tidak hanya mewakili 1.100 orang paskibraka di Sumedang, tapi juga puluhan ribu anggota paskibraka Jabar,” tandasnya.

Topik Menarik