4.000 Jiwa Terdampak Banjir dan Tanah Longsor di Nias Barat

4.000 Jiwa Terdampak Banjir dan Tanah Longsor di Nias Barat

Infografis | sindonews | Selasa, 18 Juni 2024 - 15:50
share

Debit air yang meningkat akibat hujan deras dan angin kencang membuat Sungai Moro’o meluap hingga menyebabkan banjir dan tanah longsor di Nias Barat, Sumatera Utara.

Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Barat, banjir dan tanah longsor menyebabkan sebanyak 1.000 Kepala Keluarga atau 4.000 jiwa terdampak.

Baca juga: Gempa Terkini Magnitudo 5,1 Guncang Nias Barat

"Kerugian materil 1.000 unit rumah terdampak. Perkebunan, dan area persawahan mengalami kerusakan," ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari dalam keterangan resminya, Selasa (18/6/2024).

Wilayah terdampak banjir dan tanah longsor meliputi Desa Simae’asi, Iraonogambo, Sisobambowo, Sisarahili di Kecamatan Mandrehe.

Desa Lolohio, Iraonogeba, Ononamolo II, Lasarabagawu, Sisobandrao di Kecamatan Mandrehe Barat. Desa Sisobambowo, Lologundre, Iraonogaila, Ono waembo, Tiga Serangkai di Kecamatan Lahomi.

Desa Lahagu di Kecamatan Mandrehe Utara. Desa Ono Zalukhu You, Hilisoromi dan Lasarabahili di Kecamatan Moro’o. Baca juga: Jalan Nasional Ambles, Akses Nias Selatan menuju Nias Barat Lumpuh

Penanganan banjir dan tanah longsor BPBD Kabupaten Nias Barat Melakukan kaji cepat dan melakukan perbaikan kerusakan tebing aliran sungai, jembatan dan bahu jalan. Kondisi terkini banjir berangsur surut.

Berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika wilayah Kabupaten Nias Barat berpotensi curah hujan lebat ke depan.

Hujan lebat ini berpotensi menimbulkan dampak yang signifikan seperti banjir, tanah longsor, dan gangguan aktivitas sehari-hari.

BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan, seperti memastikan saluran air tidak tersumbat dan menghindari daerah rawan bencana selama periode tersebut.

Topik Menarik