Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi, Waspada Semburan Abu Vulkanik!

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi, Waspada Semburan Abu Vulkanik!

Infografis | sindonews | Senin, 3 Juni 2024 - 09:37
share

Gunung Lewotobi Laki-Laki mengalami erupsi pagi ini, Senin (3/6/2024) pukul 09.21 WITA. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap semburan abu vulkanik.

Diketahui, Gunung Api Lewotobi Laki-Laki terletak di Kab/Kota Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan posisi geografis di Latitude -8.5389°LU, Longitude 122.7682°BT dan memiliki ketinggian 1584 MDPL.

“Terjadi erupsi G. Lewotobi Laki-laki pada hari Senin, 03 Juni 2024, pukul 09:21 WITA. Tinggi kolom erupsi tidak teramati. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung,” ungkap Petugas Pos Pengamatan Gunung Api, Herman Yosef S Mboro, Senin (3/5/2024).

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi Pagi Ini, Ketinggian Letusan 800 Meter

Herman pun melaporkan saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung.

Herman meminta masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki dan pengunjung/ wisatawan tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 2 KM dari pusat erupsi G. Lewotobi Laki-laki serta sektoral 3 km pada arah Utara-Timur Laut dan 5 KM pada sektor Timur Laut.

“Masyarakat agar tenang dan mengikuti arahan Pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya,” imbaunya.

Herman juga meminta masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Lewotobi Laki-Laki jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

“Masyarakat yang terdampak hujan abu Gunung Lewotobi Laki-Laki memakai masker atau penutup hidung-mulut untuk menghindari bahaya abu vulkanik pada sistem pernafasan,” tutupnya.

Topik Menarik