Puluhan Imigran Rohingya Kabur dari Aceh Barat, Tenda Penampungan Kosong

Puluhan Imigran Rohingya Kabur dari Aceh Barat, Tenda Penampungan Kosong

Infografis | sindonews | Minggu, 2 Juni 2024 - 06:50
share

Puluhan pengungsi Rohingya yang berada di tempat penampungan sementara di kompleks Kantor Bupati Aceh Barat melarikan diri. Petugas yang berjaga kaget seketika saat menemukan tenda yang biasanya ramai dihuni Rohingya tiba-tiba kosong.

Sebanyak 27 orang pengungsi Rohingya yang berada di tempat penampungan sementara di kompleks Kantor Bupati Aceh Barat, Aceh, Sabtu (1/6) tiba-tiba menghilang. Mereka yang melarikan diri diperkirakan melarikan diri menjelang subuh.

Kabid Ketentraman dan Ketertiban Satpol PP Aceh Barat, Arsil mengatakan para pengungsi diduga kabur sekitar pukul 03.00-05.00 WIB. Petugas masih melihat para pengungsi sekitar pukul 01.00 WIB.

Kabur saat Aceh Barat sedang dilanda hujan lebat, kata Arsil kepada wartawan, Minggu (2/6/2024).

Kondisi tersebut menjadi sasaran empuk bagi pengungsi Rohingya untuk melarikan diri, hingga petugas kaget seketika saat menemukan tenda yang biasanya ramai dihuni Rohingya tiba-tiba kosong, hanya menyisakan tumpukan pakaian.

Hingga kini belum diketahui pasti ke mana kaburnya puluhan pengungsi Rohingya tersebut. Memang selama ini sudah sembilan kali Rohingya ini mencoba melarikan diri, namun yang berhasil sebanyak dua kali.

Kami benar-benar terkejut menemukan tenda kosong pagi ini. Kondisi cuaca hujan lebat mungkin dimanfaatkan mereka untuk kabur, ucapnya.

Sebelumnya, 75 pengungsi Rohingya yang ditempatkan di kompleks Kantor Bupati Aceh Barat dievakuasi dari perairan Aceh karena kapal mereka terbalik pada Maret lalu. Namun setelah ditempatkan di Kantor Bupati Aceh Barat.

Topik Menarik