Barang Bukti Fantastis Pabrik Narkoba Terbesar Indonesia di Kota Malang

Barang Bukti Fantastis Pabrik Narkoba Terbesar Indonesia di Kota Malang

Infografis | sindonews | Rabu, 3 Juli 2024 - 19:31
share

Pabrik pembuatan narkobaberskala besar berhasil diungkap Mabes Polri di Kota Malang. Dari pengungkapan itu sejumlah barang bukti berskala besar, dari pabrik narkoba rumahan di Jalan Bukit Barisan Nomor 2, Kelurahan Gadingkasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Wahyu Widada mengatakan, instalasi laboratorium Clandestine atau aktivitas proses pembuatan narkotika melalui proses kimiawi. Dari hasil penggerebekan di rumah kontrakan itu sejumlah mesin produksi narkoba melalui proses kimiawi disita.

"Di dalamnya ada mesin pemanas, mesin pencampur, mesin pencacah, mesin pencetaknya, dan juga coolerhya, di dalam juga di situ satu televisi yang dijadikan pemandu," ucap Komjen Pol Wahyu Widada, saat konferensi pers di Kota Malang, Rabu (3/7/2024) sore.

Baca juga; Pabrik Narkoba di Malang Dikendalikan WNA Malaysia, Produksi Dipandu Via Zoom

Televisi itu digunakan untuk pemandu yang merupakan Warga Negara Asing (WNA) Malaysia bernama Kent kepada lima tersangka. Dari sana proses pembuatan tiga jenis narkotika yakni ganja sintetis, pil xanax, dan pil ekstasi diproduksi.

Polisi juga menemukan alat penyaring yang dilengkapi dengan pompa vakum, benzil, metil keton (BMK), atau Penil-2-Propanon (P2P), Pipironil metil keton (PMK), atau 3,4 dimetilen dioksi fenil-2-propanon, Katrium borohidrid, Aseton, Methanol, Asam Klorida, tepung perekat.

“Hasil produksi berupa 1,2 ton ganja sintetis, 25.000 butir pil Xanax, 25.000 butir pil ekstasi," ujarnya.

Sementara barang bukti yang diamankan dari Malang,1,2 ton MDMB-4en-PINACA, atau ganja sintetis, 25.000 butir pil Xanax, 25.000 butir pil ekstasi, 40 kilogram bahan baku MDMB-4en-PINACA setara dengan 2 ton produk jadi.

Baca juga; Fakta-fakta Pabrik Narkoba di Malang, Pakai Kamuflase Kantor EO hingga Bau Ruangan Bikin Sesak Napas

“Sedangkan untuk barang bukti prekursor atau bahan baku pembuatan narkotika terdapat 200 liter prekursor, yang dapat diproduksi menjadi 2,1 Juta butir ekstasi, 21 kilogram Benzil Metil Keton (BMK) atau Penil-2-Propanon (P2P), 8,7 kilogram Pipironil metil keton (PMK) atau 3,4 dimetilen dioksi fenil-2-propanon, 17 liter Aseton,” jelasnya.

Wahyu Widada menambahkan barang bukti non narkotika juga ditemukan di rumah kontrakan yang dijadikan pabrik pembuatan narkoba. Sejumlah barang bukti berupa 6,7 natrium borohidrid, 80 liter Asam Klorida, 12 kilogram tepung perekat, 2 unit Mesin Pencampur (mixer planatary), 1 unit mesin pengeringan vakum (vacuum drying chamber).

Selanjutnya ada, 1 unit mesin pemanas (electric heater with thermostat), 3 mesin pengaduk dan pencampur (powder mixing and blending), 1 unit timbangan elektronik besar, 1 set rangkaian alat destilasi dan 2 lemari berisikan peralatan desitlasi, yang berisikan labu erlenmeyuer, flame spreader, gelas ukur, labu didih, burret, separatory tunnel, vacuum adapter, short condenser, destilation adapter, stemmed tunnel, 250 ml boil flask, 50 ml boil flask.

"Dari pengungkapan 1,2 ton ganja sintetis, jumlah orang yang bisa diselamatkan 1,2 juta jiwa. Sedangkan untuk 200 liter Prekursor yang diproduksi menjadi 2,1 Juta butir ekstasi, jiwa yang bisa diselamatkan 2,1 juta jiwa manusia," ujarnya.

"Sementara untuk 40 kilogram bahan baku ganja sintetis dengan 2 ton produk bisa menyelamatkan 2 juta jiwa manusia. Dari pengungkapan ini total jiwa yang bisa terselamatkan sebanyak 7,3 juta jiwa," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah rumah yang terletak di Jalan Bukit Barisan No 2 Kecamatan Klojen Kota Malang digerebek polisi, Selasa (2/7/2024). Penggerebekan dilakukan oleh tim dari Bareskrim Mabes Polri dan Direktorat Bea Cukai pusat.

Topik Menarik