Infografis Mudik Gratis Sepeda Motor Pakai Kapal Laut

Infografis Mudik Gratis Sepeda Motor Pakai Kapal Laut

Infografis | BuddyKu | Jum'at, 17 Maret 2023 - 14:45
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyelenggarakan program mudik gratis sepeda motor naik Kapal Laut. Adapun kapasitas yang disediakan mencapai 5.000 penumpang dan 2.500 sepeda motor yang diberangkatkan menggunakan kapal.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan jadwal keberangkatannya akan diselenggarakan mulai 15 dan 17 April 2023 untuk arus mudik dan 25 dan 28 April 2023 untuk arus balik. Waktu pendaftarannya mulai 15 Maret-13 April 2023.

Menurut dia, program mudik gratis sepeda motor naik kapal laut tersebut ditujukan bagi masyarakat agar tidak melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor. Pasalnya, hal tersebut sangat membahayakan keselamatan bagi diri sendiri maupun orang lain.

Kami mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik jarak jauh karena potensi untuk terjadi kecelakaannya sangat tinggi. Masyarakat dapat memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan, ujar Budi Karya dalam keterangan tertulis, Selasa (14/3/2023).

Terkait dengan itu, Kemenhub menyediakan mudik gratis bagi pengendara sepeda motor, di mana penumpang dan sepeda motornya akan diangkut secara gratis dengan menggunakan kapal.Jadi nanti motornya bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan, kata Menhub.

Dia menjelaskan, diselenggarakan program ini juga untuk mengurangi jumlah pemudik pengguna sepeda motor. Pada tahun ini diprediksi pengguna sepeda motor mencapai 25,13 juta orang atau 20,3 persen dari total prediksi pemudik tahun ini sebanyak 123,8 juta orang.

Kita lihat penggunaan sepeda motor untuk mudik pada tahun ini masih cukup tinggi. Walaupun dengan berbagai alasan kemudahan, tetapi tetap keselamatannya tidak terjamin, ucapnya.

Dia turut mengimbau program-program mudik gratis juga bisa dilaksanakan oleh berbagai pihak, baik Kementerian/Lembaga, BUMN, perusahaan-perusahaan swasta, dan pihak lainnya, agar kuota semakin banyak.

Dengan semakin banyaknya kuota mudik gratis, kita harapkan dapat menekan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor, mengurangi angka kecelakaan yang banyak melibatkan pengguna sepeda motor, dan sekaligus juga dapat mengurangi kepadatan di jalan, tuturnya.

Pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2023, Kemenhub kembali menyelenggarakan program mudik gratis baik melalui jalur darat, laut dan kereta api.

Masyarakat bisa mendaftar secara daring melalui situs mudikgratis.dephub.go.id dan aplikasi Mitra Darat yang bisa diunduh di ponsel, maupun secara luring yang akan digelar di kantor Pusat Kemenhub Jakarta dan beberapa simpul transportasi dan titik lokasi lainnya.

Pendaftaran program mudik gratis sudah dibuka pada bulan Maret hingga bulan Mei mendatang atau bisa diperpanjang sampai memenuhi kuota yang disediakan.

Pada Program Angkutan Sepeda Motor Gratis dengan Kereta Api, menyediakan kapasitas hingga 46.000 lebih penumpang dan 10.000 lebih unit sepeda motor yang akan diberangkatkan menggunakan kereta api.

Adapun jadwal keberangkatannya, akan diselenggarakan mulai 11 hingga 20 April 2023 untuk arus mudik dan 25 April hingga 4 Mei 2023 untuk arus balik. Waktu pendaftarannya yaitu mulai 1 Maret hingga 3 Mei 2023.

Selanjutnya, program Mudik Gratis dengan Bus, menyediakan kapasitas hingga 24.000 lebih penumpang yang diberangkatkan menggunakan bus dan 900 sepeda motor menggunakan truk.

Adapun jadwal keberangkatannya, akan diselenggarakan mulai 17 dan 19 April 2023 untuk arus mudik dan 28 April 2023 untuk arus balik. Waktu pendaftarannya mulai 13 Maret-14 April 2023.

Topik Menarik