Profil Arif Satria, Akademisi IPB Jadi Panelis di Debat Kedua Pilkada Jakarta

Profil Arif Satria, Akademisi IPB Jadi Panelis di Debat Kedua Pilkada Jakarta

Terkini | inews | Minggu, 27 Oktober 2024 - 13:48
share

JAKARTA, iNews.id - Arif Satria merupakan rektor dari IPB. Dia akan menjadi salah satu panelis dalam Debat Kedua Pilkada Jakarta, Minggu (27/10/2024) malam.

Lahir di Pekalongan, Jawa Tengah, Arif menempuh pendidikan dasar hingga menengah di kota kelahirannya sebelum melanjutkan studi di IPB. Ia kemudian menyelesaikan program S1 di Fakultas Perikanan IPB, yang menjadi langkah awal bagi karier akademisnya. 

Arif lalu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di bidang yang sama, termasuk meraih gelar doktoral di bidang sosiologi dari Universitas Kagoshima, Jepang. 

Setelah menyelesaikan pendidikan, Arif Satria memulai kariernya sebagai dosen di IPB dan menjadi salah satu pengajar yang berfokus pada kajian-kajian kelautan, perikanan, dan ekologi. 

Dia dikenal sebagai sosok yang aktif memajukan ilmu perikanan dengan pendekatan yang integratif, menggabungkan ilmu sosiologi dengan studi ekologi dan manajemen sumber daya alam. 

Sebagai akademisi, Arif telah menghasilkan banyak penelitian dan publikasi ilmiah yang diakui di tingkat nasional maupun internasional. 

Dikutip dari PPID IPB, Arif Satria telah memperoleh sejumlah penghargaan internasional dan nasional yang di antaranya : 

- Dosen Berprestasi III IPB. Penghargaan dari Rektor IPB pada tahun 2007 

- The First Winner of the JIFRS Yamamoto Prize on Yamamoto Award for the Best Paper at International Institute for Fisheries Economics and Trade (IIFET) Conference di 2008 

- Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa. Penghargaan dari Menteri Pendidikan Nasional RI 

- Satyalancana 10 tahun pada tahun 2013 

- Penghargaan sebagai Akademisi yang telah Mendukung Pengembangan SDM Perikanan dan Penyuluhan Perikanan tahun 2013.

Topik Menarik