Inovasi Energi Baru di Indonesia Kurangi Polusi Udara

Inovasi Energi Baru di Indonesia Kurangi Polusi Udara

Terkini | inews | Minggu, 27 Oktober 2024 - 08:10
share

JAKARTA, iNews.id - Penelitian dan inovasi baru dilakukan Pertamina untuk menghasilkan bioenergi sebagai bahan bakar yang aman dan bisa mengurangi emisi di bumi. Salah satunya tumbuhan kelapa sawit, molase dan terbaru sorgum.

Diketahui, Pertamina saat ini sedang melakukan penelitian sumber energi dari perkebunan, bukan hanya minyak bumi dan batubara. Penelitian inovasi baru ini dilakukan Pertamina untuk menghasilkan bionergi sebagai bahan yang aman dan bisa mengurangi emisi di bumi.

"Di energi terbarukan ada beberapa aktivitas besar, mungkin bisa kita highlight bio energi yang besar, kemudian panas bumi atau bio termal dan yang ketiga variabel realabel energi. Jadi mulai dari solar tv, angin dan seterusnya," ujar Senior Vice President Technology Innovation PT Pertamina Pesero Oki Muraza.

"Saat ini yang paling menarik adalah bio energi. Sebab dengan bio energi ini kita memberikan perhatian lebih kepada sektor perkebunan dan pertanian yang menjadi inti dari bio energi ini," katanya.

Oki mengungkapkan ada beberapa program yang nantinya akan berkontribusi pada peningkatan produksi pangan dan kontribusi peningkatan produksi energi di Indonesia untuk mengurangi impor. 

Topik Menarik