Ridwan Kamil Punya Gagasan SMP dan SMA Gunakan Satu Gedung di Jakarta, Apa Itu?

Ridwan Kamil Punya Gagasan SMP dan SMA Gunakan Satu Gedung di Jakarta, Apa Itu?

Terkini | inews | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 21:07
share

JAKARTA, iNews.id - Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil mempunyai gagasan menambah jumlah sekolah di kawasan Jakarta apabila terdapat kekurangan. Dia mempunyai ide agar gedung SMP dan SMA menggunakan satu gedung yang sama.

Hal itu untuk menjawab keterbatasan lahan yang tersedia apabila sekolah ingin dibangun. Ia menyebut apabila tanah memang terbatas, maka ide menggunakan gedung sekolah yang sama bisa direalisasikan.

"Ya (kekurangan) sekolah, nanti kita cari tanahnya. Tapi sebenarnya saya punya gagasan kalau tanahnya betul-betul enggak ada, itu SMPnya bisa direvonasi menjadi SMP dan SMA. Kalau swasta bisa, kenapa negeri enggak bisa," kata Ridwan Kamil di kawasan Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (26/10/2024).

Ide itu menurutnya bisa dilaksanakan melihat sekolah-sekolah swasta mempunyai konsep yang sama. Bahkan menurutnya, sekolah swasta kerap menggunakan satu gedung yang sama untuk tingkat pendidikan SD, SMP hingga SMA.

"Bahkan swasta gitu, kadang-kadang swasta tuh SDnya di situ, SMPnya  lantai berapa, SMAnya lantai berapa. Sementara negeri rata-rata kan beda lokasi. Kalo lokasinya jauh dan susah, nanti gagasan inovasi smp sma dalam satu lokasi bisa kita jadikan solusi kalo tanahnya enggak ada," ungkapnya.

Ia pun menyambut aspirasi dari warga yang datang kepada dirinya. Menurutnya, membangun suatu wilayah memang diperlukan gagasan yang datang dari calon pemimpin serta dari masyarakatnya langsung.

"Nah jadi hal-hal tersebut akan nempel di kepala saya sehingga suatu saat jika saya terpilih, saya balik lagi ke Cakung untuk memberikan jawaban-jawaban terhadap keinginan dari warganya. Memang begitu seharusnya dalam konsep membangun," tandasnya.

Topik Menarik