Bela Iran, Negara-Negara Arab Kecam Serangan Israel

Bela Iran, Negara-Negara Arab Kecam Serangan Israel

Terkini | inews | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 18:59
share

RIYADH, iNews.id - Negara-negara Timur Tengah yakni Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Oman, Yordania, Mesir, Kuwait, Irak, dan Qatar mengutuk serangan udara Israel ke Iran.

Arab Saudi mengecam serangan pada Sabtu (26/10/2024) dini hari yang mengincar pangkalan-pangkalan militer di Teheran dan sekitarnya itu.

Dalam pernyataan yang disiarkan kantor berita Saudi Press Agency (SPA), Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menyebut serangan tersebut sebagai pelanggaran terhadap kedaulatan Iran serta pelanggaran hukum dan norma internasional.

Negara Teluk yang baru menormalisasi hubungan dengan Iran itu juga mendesak semua pihak yang terlibat untuk menahan diri semaksimal mungkin serta berupaya untuk meredakan ketegangan.

Saudi juga memperingatkan dampak serius yang bisa ditimbulkan dari konfrontasi militer berkepanjangan di kawasan.

Kerajaan lalu menyerukan kepada masyarakat internasional untuk memenuhi tanggung jawab masing-masing dalam mempromosikan perdamaian, mengurangi ketegangan, serta mendukung upaya untuk mengakhiri konflik di Timur Tengah.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Oman juga menyampaikan kecaman keras atas serangan tersebut dengan menyebutnya sebagai pelanggaran terang-terangan terhadap kedaulatan Iran dan hukum internasional.

Kemlu Oman memperingatkan serangan tersebut bisa memicu siklus kekerasan serta melemahkan upaya untuk menurunkan eskalasi dan penanggulangan krisis melalui cara-cara damai dan diplomatik.

Oman mendesak masyarakat internasional untuk mengambil tindakan efektif guna menghentikan agresi.

Qatar turut menyampaikan kecaman kerasnya atas serangan Israel dengan menyebutnya sebagai pelanggaran terang-terangan terhadap kedaulatan Iran dan prinsip-prinsip hukum internasional.

Berikutnya Kemlu Qatar menyatakan keprihatinan mendalam mengenai dampak serius yang mungkin timbul dari eskalasi tersebut serta mendesak semua pihak terkait untuk menahan diri, menyelesaikan perselisihan melalui dialog dan cara damai, serta menghindari segala hal yang dapat mengganggu keamanan dan stabilitas di kawasan.

Kemlu Yordania juga mengutuk serangan udara Israel terhadap Iran. Juru Bicara Kemlu Iran Sufyan Qudah menegaskan kembali penolakan terhadap eskalasi berbahaya di kawasan serta pelanggaran hukum internasional.

Qudah menyerukan kepada masyarakat internasional untuk memenuhi tanggung jawab masing-masing serta melakukan tindakan lebih guna memaksa Israel menghentikan agresi di Jalur Gaza, Tepi Barat, dan Lebanon.

Kuwait menyatakan kecaman keras dan penolakan terhadap agresi Israel terhadap Iran. 

"Tindakan ini mencerminkan kebijakan kacau yang dilakukan oleh pasukan penjajah Israel yang melanggar kedaulatan negara, membahayakan keamanan kawasan, dan mengabaikan prinsip-prinsip hukum internasional," bunyi pernyataan Kemlu Kuwait 

Topik Menarik