Israel Serang Iran, Begini Kondisi Terkini Teheran

Israel Serang Iran, Begini Kondisi Terkini Teheran

Terkini | inews | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 08:54
share

TEHERAN, iNews.id - Kondisi terkini Kota Teheran, Iran, tampak normal setelah serangan udara Israel, Sabtu (26/10/2024). Hal itu diungkapkan seorang profesor Universitas Teheran yang bermukim di ibu kota.

Profesor Foad Izadi mengatakan kepada Al Jazeera, suasana Teheran tampak seperti normal meski terdengar beberapa kali suara ledakan.

"Sangat tenang saat ini," kata Izadi, sembari menyebut jam menunjukkan pukul 04.00 (waktu setempat) saat dia menyampaikan pernyataan itu. 

"Kami tak melihat terjadi sesuatu di luar atau aktivitas maupun pergerakan apa pun," ujarnya, menambahkan.

Dia menegaskan situasi kota masih berjalan normal. 

Menurut Izadi, sekalipun Teheran mengalami serangan dari Israel dampaknya tak akan besar.

Sementara itu kantor berita Tasnim melaporkan, sirine peringatan serangan udara berbunyi di Teheran. Suara ledakan yang terdengar di ibu kota dan sekitarnya bersumber dari rudal sistem pertahanan yang mencegat proyektil serangan udara Israel.

Direktur Bandara Internasional Imam Khomeini di Teheran sempat mengatakan, bandara tetap beroperasi normal. Serangan rudal Israel belum memengaruhi jadwal. Namun otoritas Iran kemudian menutup wilayah udara negaranya untuk semua penerbangan sipil.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengonfirmasi serangan tersebut. IDF mengungkap telah meakukan serangan tepat sasaran terhadap target militer di Iran.

Gempuran itu dilakukan sebagai pembalasan atas serangan terus-menerus selama berbulan-bulan dari proksi-proksi Iran terhadap Israel.

"Rezim di Iran dan proksinya di wilayah tersebut telah tanpa henti menyerang Israel sejak 7 Oktober - di tujuh front, termasuk serangan langsung dari tanah Iran," bunyi pernyataan IDF.

Seperti diketahui Iran menghujani Israel dengan sekitar 200 rudal pada 1 Oktober lalu, menargetkan dua pangkalan udara serta markas besar Mossad.

Topik Menarik