Orang Terkuat di Dunia Geoff Capes Meninggal Dunia

Orang Terkuat di Dunia Geoff Capes Meninggal Dunia

Terkini | inews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 15:48
share

LONDON, iNews.id - Orang terkuat di dunia, Geoff Capes, meninggal dunia, Rabu (23/10/2024). Pria asal Inggris yang juga pemecah rekor dunia lemparan tolak peluru terjauh itu meninggal di usia 75 tahun.

"Keluarga Geoffrey Capes ingin mengumumkan kepergiannya yang menyedihkan hari ini, 23 Oktober, pelempar tolak peluru terbaik Inggris dan dua kali menjadi orang terkuat di dunia," bunyi pernyataan keluarga Capes, dikutip dari BBC, Kamis (24/10/2024).

Dia memenangkan ajang bergengsi World's Strongest Man dua kali yang membuatnya menjadi terkenal. Gelar pertama didapat pada 1983 di Christchurch, Selandia Baru, kemudian yang kedua pada 1985 di Cascais, Portugal.

Capes juga memiliki karier gemilang di cabang olahraga atletik. Dia meraih medali dua kali di nomor tolak peluru dalam ajang Commonwealth Games dan European Indoor Championships. Selain itu, dia meraih enam kali juara di World Highland Games.

Di ajang olimpiade, pria kelahiran Lincolnshire itu nyaris memenangkan medali dalam tiga kesempatan, salah satunya finis di posisi ke-5 pada Olimpiade Moskow 1980.

Rekan-rekan memberi penghormatan kepada mendiang Capes dengan mengatakan bahwa dia merupakan legenda kekuatan yang sejati.

"Geoff tidak hanya menjadi manusia terkuat dunia dua kali dan atlet tolak peluru pemecah rekor, tetapi juga seorang raksasa dalam hati dan jiwa," kata Eddie Hall, teman mendiang di ajang World's Strongest Man.

Menurut situs web Geoff Capes Foundation, Capes menjadi pelatih dan membantu banyak atlet bercita-cita tinggi setelah pensiun dari arena. Dia juga sempat membawa acara reality show televisi.

Capes terakhir tinggal di Desa Stoke Rochford, Lincolnshire, dan memiliki dua orang anak dan cucu.

Topik Menarik