10 Negara Tak Pernah Dijajah, Nomor 3 Pernah Diserang Uni Soviet dan Amerika

10 Negara Tak Pernah Dijajah, Nomor 3 Pernah Diserang Uni Soviet dan Amerika

Terkini | inews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 15:23
share

JAKARTA, iNews.id - Negara yang tak pernah dijajah setidaknya ada 10, berdasarkan data World Population Review. Artikel ini akan membahas negara-negara tersebut.

Istilah penjajahan atau kolonisasi memiliki arti berbeda. Karena perbedaan itulah daftar negara yang tidak pernah dijajah bisa berbeda-beda, bergantung dari sumbernya. Sebagai contoh, Afghanistan secara umum tidak pernah resmi dijajah, namun beberapa sejarawan mengatakan pendudukan AS sejak 2001 hingga 2021 sudah masuk kategori penjajahan. Namun artikel ini tak membahas berdasarkan definisi seperti itu.

Daftar negara tak pernah dijajah selama ini berpatokan pada kolonisasi negara-negara Eropa, umumnya berada di Asia dan Afrika. 

Penjajahan sudah muncul sejak lama dan berkembang pesat setelah transportasi laut berkembang. Banyak negara Eropa, membawa kekuatan mliternya, melakukan penjelajahan untuk mencari wilayah yang bisa dieksplotasi. Di antara negara yang tak pernah dijajah ada di Asia Tenggara, yakni Thailand. Ada pula di Asia Selatan, Afghanistan.

Daftar 10 negara yang tak pernah dijajah:

1. Arab Saudi

Sebagian besar wilayah Saudi pernah dikuasai oleh Kekhalifahan Utsmaniyah dari awal tahun 1500-an hingga awal 1900-an. Namun itu berbeda dengan penjajahan karena wilayah di Saudi tetap bisa menjalankan pemerintahan secara independen.

Saudi juga berstatus protektorat Inggris, bukan koloni, pada 1915 dan menjadi negara merdeka sepenuhnya pada 1932.

2. Tonga

Tonga juga tidak pernah dijajah oleh negara Eropa, meskipun ada upaya dari Prancis dan Inggris. Ada yang beranggapan Tonga sempat dijajah oleh Jepang selama Perang Dunia II. Namun beberapa pihak menganggap masa itu sebagai pendudukan militer, bukan penjajahan.

3. Afghanistan 

Afghanistan juga tidak pernah dijajah meski ada upaya dari Inggris dalam Perang Inggris-Afghanistan (1839-1842 dan 1878-1880) serta invasi Uni Soviet pada 1979 hingga akhir 1980-an. Inggris sempat mengendalikan hubungan luar negeri negara itu. Namun secara umum pemerintahannya tetap dijalankan secara independen. 

Selain itu Afghanistan juga sempat diduduki oleh AS pada 2001-2021, namun tidak dijajah.

4. Thailand

Thailand tidak pernah dijajah oleh negara Eropa, meski ada upaya dari Prancis dan Inggris. Selain itu Jepang sempat menduduki selama Perang Dunia II. Namun beberapa pihak menganggap masa itu sebagai pendudukan militer, bukan penjajahan.

5. Jepang

Setelah mengalahkan China dalam Perang Pertama pada 1895 dan Rusia dalam Perang Rusia-Jepang pada 1905, Jepang bukan hanya terhindar dari penjajahan, namun juga menjadi penjajah. Jepang disebut mencaplok Korea dan Manchuria untuk beberapa waktu.

6. Nepal

Nepal terhindar dari penjajahan langsung oleh Inggris, namun sempat menyerahkan wilayah selama perang yang berlangsung pada 1814-1816 hingga menjadi protektorat Inggris pada 1816. Bukan dijajah secara resmi, Nepal disebut sebagai negara boneka Inggris selama beberapa waktu.

7. China

China sebenarnya ditaklukkan oleh bangsa Mongol pada 1200-an yang kemudian mendirikan Dinasti Yuan dan berkuasa hingga 1368. Perang candu juga memperkuat pengaruh luar serta memberi Inggris kendali atas Hong Kong pada kurun 1841-1997. 

Selain Prancis, Rusia, dan Amerika Serikat juga memberikan pengaruh tambahan dan beberapa wilayah diserang Jepang selama Perang Dunia II. Meski demikian China tidak pernah benar-benar dijajah.

8. Ethiopia

Negara ini terhindar dari penjajahan Italia hanya gara-gara kesalahan penerjemahan perjanjian. Setelah itu memenangkan perang berikutnya dengan Italia. 

Ethiopia sempat diduduki Italia pada 1939-1944 atau selama Perang dunia II, namun secara umum dianggap sebagai pendudukan militer singkat, bukan penjajahan.

9. Iran

Iran sempat ditaklukkan dan dikuasai Yunani pada 334 SM serta diperintah oleh beberapa kerajaan Arab sekitar 600-an hingga 800-an. Sebagian wilayahnya juga pernah diduduki atau diserahkan ke Rusia selama perang 1804–1813 dan 1826–1828. 

Selain itu Iran pernah menjadi bagian dari Kekhalifahan Utsmaniyah di bawah kendali Inggris dan Rusia, termasuk dalam perekonomian dan minyak, pada 1900-an. Namun negara ini tidak pernah dijajah secara resmi.

10. Liberia

Liberia tidak pernah dijajah secara paksa, meski secara de facto berdiri sebagai koloni AS. Negara ini didirikan pada 1820 oleh American Colonization Society untuk mengembalikan budak yang dibebaskan ke tanah air mereka. 

Liberia memproklamirkan kemerdekaan pada 1847, kemudian diakui oleh AS pada 1862.

Topik Menarik