SMPN 8 Tangsel Lockdown akibat Cacar Air dan Gondongan, Kepsek Ungkap Sumbernya

SMPN 8 Tangsel Lockdown akibat Cacar Air dan Gondongan, Kepsek Ungkap Sumbernya

Terkini | inews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 12:40
share

JAKARTA, iNews.id - Pihak SMPN 8 Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, menerapkan lockdown setelah puluhan siswa menderita penyakit cacar air dan gondongan. Para siswa menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk menghindari penyebaran virus penyakit.

Sebanyak 23 siswa menderita cacar air dan delapan siswa terjngkit gondongan atau pembengkakan kelenjar ludah. Dua penyakit tersebut menular melalui media berbeda.

Penelusuran sekolah mengungkap, cacar air bersumber dari seorang siswa yang tetap masuk meski terinfeksi demi mengikuti ujian tengah semester hingga menular ke siswa lain.

"Pada saat 23 sampai 27 (September) ada ulangan midsmester di sekolah, di mana ada salah satu siswa yang kebetulan kena cacar tapi dia ikut ulangan, sehingga kita indikasikan dari situlah terjadi penyebaran," kata Muslih, kepala sekolah SMPN 8.

Menurut Muslih, sebagian besar siswa yang terjangkit cacar air berasal  dari kelas yang sama.

Pihak sekolah sudah berkoordinasi dengan puskesmas setempat. Hasil rekomendasi dari puskesmas, pihak SMPN 8 diminta melakukan PJJ yang akan berlangsung hingga akhir Oktober. 

Topik Menarik