Airlangga Buka Suara soal Pengawasan Kemenkeu Langsung di Bawah Presiden Prabowo

Airlangga Buka Suara soal Pengawasan Kemenkeu Langsung di Bawah Presiden Prabowo

Ekonomi | inews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 22:36
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto buka suara soal pengawasan Kementerian Keuangan yang kini berada langsung di bawah Presiden Prabowo Subianto. Sebelumnya, Kemenkeu berada di bawah koordinasi Kementeriannya.

Menurut Airlangga pada dasarnya hal tersebut bukan persoalan besar. Pasalnya, koordinasi antarkementerian akan tetap berjalan.

"Ya tidak apa-apa (Kemenkeu dilepas dari Kemenko Perekonomian), kalau koordinasi kan biasa berjalan," ucap Airlangga saat ditemui wartawan di kantor Kementerian Tenaga Kerja, Selasa (22/10/2024).

Selain itu, Airlangga juga memberikan tanggapan perihal dibentuknya Dewan Ekonomi Nasional (DEN). Airlangga mengatakan peran DEN yang dibentuk Prabowo berfungsi sebagai penasihat atau advisory kepada Presiden.

"Dewan Ekonomi Nasional itu kan berperan sebagai advisory kepada bapak Presiden," tutur dia.

Airlangga menjelaskan Kementerian Koordinator tidak berposisi di bawah langsung DEN. Dia mengatakan posisi Kementeriannya dengan DEN berbeda dari tugas, pokok dan fungsi (tupoksi).

"DEN itu beda tupoksinya dengan Kemenko, kan beda," katanya.

Airlangga pun mengatakan dirinya sudah bersilaturahmi dengan Ketua DEN, Luhut Binsar Pandjaitan untuk membahas koordinasi.

"Kita sudah (saling) banyak berbicara," ucap Airlangga.

Topik Menarik