Tel Aviv Darurat! Rudal Hizbulah Hujani Isael termasuk Markas Unit Intelijen 8200

Tel Aviv Darurat! Rudal Hizbulah Hujani Isael termasuk Markas Unit Intelijen 8200

Terkini | inews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 12:52
share

BEIRUT, iNews.id - Militer Israel memberlakukan status darurat di Kota Tel Aviv menyusul pengeboman intensif kelompok Hizbullah Lebanon, Selasa (22/10/2024). Rudal-rudal Hizbullah menghantan beberapa bagian kota tersebut, terutama pangkalan militer.

Media Israel melaporkan Bandara Internasional Gen Gurion menghentikan semua aktivitas hari ini karena membahayakan penerbangan.

Suara sirine meraung-raung di penjuru Tel Aviv memicu kepanikan warga yang berbondong-bondong menuju tempat-tempat perlindungan. Rudal dari arah Lebanon teridentifikasi melintas udara Tel Aviv kemudian menghantam area terbuka.

Sirine peringatan juga berbunyi di Samaria dan Modi’in Illit.

Dalam pernyataan di Telegram, Hizbullah menyatakan serangan sporadis tersebut sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina di Jalur Gaza serta bentuk pertahanan bagi warga Lebanon.

Area yang menjadi target serangan Kelompok yang didukung Iran itu adalah wilayah Nirit di pinggiran Tel Aviv. Serangan rudal memicu ledakan dahsyat di wilayah itu, memicu dugaan gudang senjata militer Zionis menjadi target. Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa maupun luka.

Hizbulllah juga menyerang pangkalan Glilot, markas badan intelijen militer 8200, menggunakan rudal. Lokasinya juga berada di pinggiran Kota Tel Aviv. 

Al Jazeera melaporkan, pejuang Hizbullah tampaknya menggunakan rudal jarak menengah untuk menyerang Tel Aviv dan Haifa. Ini merupakan kali pertama Hizbullah menggunakan rudal-rudal jarak menengah. Sekitar 12 rudal diluncurkan ke arah Haifa dan Tel Aviv di samping puluhan jenis lainnya.

Serangan besar-besaran tersebut menunjukkan bahwa Hizbullah masih memiliki kemampuan meski Israel membombardir fasilitas-fasilitas senjata Hizbullah.

Topik Menarik