Apa Itu Penyakit Rosacea yang Diidap Sandra Dewi hingga Kulit Wajahnya Bernanah? 

Apa Itu Penyakit Rosacea yang Diidap Sandra Dewi hingga Kulit Wajahnya Bernanah? 

Gaya Hidup | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 20:03
share

JAKARTA, iNews.id - Apa itu penyakit rosacea yang diidap Sandra Dewi hingga kulit wajahnya bernanah? Penyakit kulit ini tidak bisa disembuhkan dan kambuh jika Sandra Dewi stres. 

Ya, bercerita di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sebagai saksi dalam sidang kasus dugaan korupsi terkait tata niaga komoditas timah dan tindak pidana pencucian uang, Sandra Dewi mengaku memiliki penyakit itu. 

"Saya kena penyakit rosacea, dan ini penyakit seumur hidup," ujar Sandra Dewi, Senin (21/10/2024). 

Sandra Dewi. (Foto: Ravie Wardani)
Sandra Dewi. (Foto: Ravie Wardani)

Dia mengaku, wajahnya bernanah jika penyakit ini kambuh. Agar tidak kambuh, Sandra Dewi diminta untuk tidak stres. Upaya penyembuhan yang sudah dia lakukan adalah berobat ke Singapura. 

Setelah informasi ini beredar, banyak publik bertanya apa itu penyakit rosacea dan kenapa bisa bikin kulit bernanah? Apakah ini penyakit menular? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Penyakit Rosacea yang Diidap Sandra Dewi hingga Kulit Wajahnya Bernanah? 

Menurut laporan Mayo Clinic, rosacea adalah penyakit kulit yang menyebabkan kemerahan jangka panjang pada wajah. Kondisi ini dapat menyebabkan pembuluh darah membesar dan membuat benjolan kecil berisi nanah. Gejala yang muncul bisa bertahan di kulit berminggu-minggu atau berbulan-bulan, lalu hilang. 

Rosacea dapat disalahartikan sebagai jerawat, dermatitis, atau masalah kulit lainnya. Padahal, rosacea berbeda dengan penyakit kulit tersebut. 

"Rosacea tidak dapat disembuhkan, namun penderita dapat mengendalikan kemunculannya dengan obat-obatan, perawatan kulit yang le,but, dan menghindari hal-hal yang menyebabkan kekambuhan," ungkap laporan Mayo Clinic. 

Bagaimana dengan gejala penyakitnya, apakah hanya sekadar wajah merah-merah? 

Gejala Penyakit Rosacea

1. Wajah memerah 

Ketika penyakit ini muncul, wajah bisa merah-merah dalam waktu yang lama. 

2. Pembuluh darah terlihat

Penyakit ini menyebabkan pembuluh darah di wajah membesar, dan ini bisa dikenali dengan terlihatnya pembuluh darah di area hidung dan pipi, khususnya jika kulit pasien berwarna putih atau terang. 

3. Muncul benjolan

Banyak orang dengan rosacea tumbuh benjolan di wajah menyerupai jerawat. Benjolan tersebut berisi nanah, bisa muncul di dada maupun punggung. 

Ilustrasi penyakit rosacea. (Foto: Punto Suave)
Ilustrasi penyakit rosacea. (Foto: Punto Suave)

4. Sensasi terbakar

Jika penyakit kambuh dan gejala muncul di kulit, ada sensasi terbakar di area memerah. 

5. Masalah mata

Banyak orang dengan rosacea memiliki mata dan kelopak mata yang kering, mudah teriritasi, dan bengkak. Ini dikenal sebagai rosacea okular. Gejala di mata ini bisa muncul sebelum, sesudah, atau bersamaan dengan gejala kulit. 

6. Hidung membesar

Seiring berjalannya waktu, rosacea dapat menebalkan kulit di hidung, menyebabkan hidung tampak lebih besar. Kondisi ini disebut juga sebagai rhinophyma. Gejala ini lebih sering terjadi pada pria ketimbang wanita.

Jadi, itu dia pembahasan soal apa itu penyakit rosacea yang diidap Sandra Dewi hingga wajahnya bernanah. Semoga informasi ini bermanfaat.

Topik Menarik