8 Rekomendasi Tempat Wisata di Temanggung, Nomor 7 Paling Viral

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Temanggung, Nomor 7 Paling Viral

Gaya Hidup | sindonews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 06:00
share

JAKARTA – Rekomendasi tempat wisata di Temanggung, Jawa Tengah menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Ini karena wilayahnya didominasi oleh perbukitan, dataran tinggi dan lembah, tepatnya terletak di antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Penasaran dengan destinasi wisata di Temanggung? Dikutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi tempat wisata di Temanggung yang bisa Anda kunjungi.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Instagramable di Sekitar Sentul, Ada Negeri di Atas Awan

Rekomendasi Tempat Wisata di Temanggung

1. Taman Wisata Posong

Posong menjadi destinasi yang sedang diminati ketika datang ke daerah Temanggung karena menawarkan pemandangan yang indah dan menakjubkan.

Wisata Alam Posong buka setiap hari mulai pukul 03.30 hingga pukul 16.00. Wisata Alam Posong menawarkan pesona golden sunrise, eksotisme lembah Sindoro-Sumbing, hingga aktivitas seru lainnya yang membuat wisatawan betah berlama-lama.

Tak hanya melihat sunrise, tapi juga dilatarbelakangi oleh delapan puncak gunung, yakni Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, Gunung Lawu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, dan Gunung Ungaran. Untuk menikmati keindahan wisata alam Posong, Anda harus membayar harga tiket masuk (HTM) sebesar Rp10.000.

Lokasi : Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Temanggung, Nomor 7 Paling Viral

2. Sigandul View

Sigandul View merupakan coffe dan resto yang menawarkan berbagai fasilitas dan spot foto yang Instagramable.

Sigandul view juga menawarkan panorama Gunung Sumbing dan Sindoro yang terlihat sangat jelas dan indah untuk dinikmati.

Salah satu spot menarik lainnya adalah jembatan kaca yang berada di atas ketinggian. Tempat satu ini cukup menantang dan menguji adrenalin bagi yang tidak suka tempat tinggi karena saat melihat ke bawah pemandangannya tembus pandang.

Lokasi : Jl. Raya Parakan - Wonosobo.

3. Jembatan Sigandul

Jembatan Sigandul menjadi salah satu objek wisata yang populer di daerah Temanggung. Jembatan ini menjadi daya tarik utama karena letaknya yang berada di atas sungai dengan pemandangan yang menakjubkan.

Memiliki arsitektur yang unik dan menarik, Jembatan Sigandul mempunyai daya tarik tersendiri. Jembatan ini terbuat dari kayu dengan memadukan unsur-unsur lokal dan gaya tradisional.

Di Jembatan Sigandul, Anda bisa berswafoto dengan latar belakang jembatan dan pemandangan alam di sekitarnya yang sangat indah.

Tidak hanya untuk foto-foto, Anda juga bisa melakukan trekking atau hiking di Jembatan Sigandul dan bisa menjelajahi keindahan alam sekitarnya.

Lokasi: Jl. Raya Parakan - Wonosobo, Krincing, Kwadungan Gn., Kec. Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Temanggung, Nomor 7 Paling Viral

4. Embung Bansari

Embung Bansari merupakan sebuah waduk yang berfungsi untuk menampung air hujan dan dijadikan sebagai pemasok cadangan air masyarakat Desa Bansari ketika musim kemarau tiba.

Letak Embung Bansari berada di puncak perbukitan. Pada 2020, Embung Bansari dijadikan sebagai destinasi wisata.

Embung Bansari menawarkan pemandangan gunung yang sangat mempesona, di antaranya ada Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, hingga Gunung Muria. Tidak sedikit wisatawan yang datang hanya untuk berfoto atau menikmati keindahan alam yang menakjubkan.

Lokasi : Bansari, Kec. Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

5. Embung Kledung

Embung Kledung merupakan waduk atau danau buatan yang berada di kawasan dataran tinggi Temanggung. Selain menjadi objek wisata dengan pemandangannya yang indah Embung Kledung juga dimanfaatkan sebagai cadangan air dan keperluan irigasi pertanian.

Berlatar gunung sekaligus danau di bawahnya menjadi salah satu daya tarik terbesar untuk pengunjung datang ke tempat ini. Tidak hanya itu, terdapat pemandangan gunung dan hutan yang rindang jadi suasana sangat sejuk dan segar. Jam operasional bisa dikunjungi dari jam 04.30-18.00 dan untuk tiket masuk hanya dikenakan Rp5.000

Lokasi : Jalan Raya Parakan - Wonosobo No.KM.12, Area Sawah, Kledung, Kec. Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

6. Kaki Bumi Coffee

Kafe satu ini menawarkan pemandangan yang berbeda pada kafe umumnya. Dengan view Gunung Sumbing, Anda bisa menikmati makanan dan minuman enak beserta dengan pemandangan yang menakjubkan.

Suasana sejuk dan banyak pepohonan menjadikan tempat ini cocok sekali untuk bersantai ataupun menikmati hari. Menu di kafe ini juga terjangkau, Anda bisa datang kesini sendirian, bersama teman, maupun keluarga.

Lokasi : Jl. Raya Parakan - Wonosobo, Kledung, Kec. Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

7. Jalan Alternatif Dieng via Candiroto

Jalan alternatif Temanggung – Dieng ini melewati area perkebunan teh tambi yang hijau dan pemandangan gunung sindoro di sepanjang jalan.

Jalanan ini viral karena ada wisatawan asal Semarang ingin pergi berwisata ke Dieng. Saat itu suasana sangat cerah dan terdapat lautan awan, menjadikan panorama yang sangat menawan dan tidak sedikit netizen mengagumi ciptaan Tuhan itu.

Lokasi : Jl. Raya Kedu - Parakan No.KM. 9.7, Sepikul, Campursari, Kec. Bulu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Temanggung, Nomor 7 Paling Viral
Baca Juga: 6 Rekomendasi Pantai Hidden Gem di Indonesia, Surga Tersembunyi yang Diburu Pencinta Alam

8. Kolam Renang Tirto Wening

Kolam Renang Tirto Wening sudah beroperasi kembali. Tampilannya jauh lebih modern, bersih, dan menarik dengan pemandangan yang sangat eksotis, kolam renang ini berada di dekat Jembatan Sigandul dan letaknya juga tidak jauh dari Sigandul view.

Lokasi : Tlahab, Kec. Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

MG/Marine Lugina

Topik Menarik