Profil Budi Santoso, Birokrat yang Dipilih Prabowo jadi Menteri Perdagangan

Profil Budi Santoso, Birokrat yang Dipilih Prabowo jadi Menteri Perdagangan

Ekonomi | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 09:00
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Prabowo Subianto menunjuk Budi Santoso menjadi Menteri Perdagangan di Kabinet Merah Putih. Budi mengisi posisi yang sebelumnya diisi Zulkifli Hasan pada era Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Profil Budi Santoso

Budi Santoso merupakan seorang birokrat dan menjabat sebagai Sekjen Kementerian Perdagangan (Kemendag). Sebelum itu, pada Desember 2022 hingga Agustus 2024, ia pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri.  

Maka dari itu, ia bukanlah orang baru di Kemendag karena kariernya telah dimulai sejak 2010 sebagai Kasubdit Ekonomi Kreatif di Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional.

Budi pun dipromosikan menjadi Atase Perdagangan di India. Kemudian saat kembali ke Indonesia, ia diangkat sebagai Kepala Bagian Program dan Kerjasama di Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional.

Tak cuma itu, ia juga tercatat pernah menduduki berbagai posisi penting lainnya di Kementerian Perdagangan, seperti Kepala Pusat Data dan Informasi (2017), Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi (2017) serta Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian (2018).

Saat ini, Budi juga menjabat sebagai Komisaris Utama Holding BUMN pangan ID Food yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara No. SK 174/MBU/07/2023.

Topik Menarik