Prabowo Dorong RI Swasembada Sumber Daya Energi: Kelapa Sawit Bisa Hasilkan Bensin!

Prabowo Dorong RI Swasembada Sumber Daya Energi: Kelapa Sawit Bisa Hasilkan Bensin!

Ekonomi | inews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 12:52
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Prabowo Subianto mengaku akan mendorong swasembada energi di Tanah Air. Hal itu karena karunia sumber daya alam di Indonesia sangatlah lah besar.

Hal itu diungkapkan Prabowo dalam pidato perdananya sebagai Presiden ke-8 RI di Sidang Paripurna MPR RI, Minggu (20/10/2020). Menurutnya, Indonesia tak boleh tergantung pada negara lain di sektor energi, apalagi di situasi saat ini.

"Kita juga harus swasembada energi, dalam keadaan ketegangan dalam keadaan kemungkinan terjadi perang di mana-mana, kita harus siap dengan kemungkinan yang paling jelek," ujar Prabowo.

Prabowo mengatakan, negara lain memiliki kepentingan sendiri. Untuk itu, ia menilai Indonesia akan sulit mendapat pasokan energi bila terjadi keadaan sulit sehingga harus berdaya atas negara sendiri.

Ia menjelaskan, Indonesia dikaruniakan tuhan sumber daya alam yang besar. Salah satunya adalah kelapa sawit yang bisa menghasilkan bensin sehingga dapat dimanfaatkan.

"Tanaman-tanaman seperti kelapa sawit, bisa menghasilkan solar dan bensin. Kita juga mempunyai tanaman-tanaman seperti singkong, tebu, sagu, jagung dan lain-lain," ucapnya.

"Kita juga punya energi bahwa tanah geothermal yang cukup kita punya batu bara yang sangat banyak kita punya energi dari air yang sangat besar," tutur dia.

Topik Menarik