Mahfud MD Batal Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran, Ada Apa?

Mahfud MD Batal Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran, Ada Apa?

Terkini | inews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 07:32
share

JAKARTA, iNews.id - Guru Besar Hukum Tata Negara Mahfud MD mendadak batal menghadiri pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029. Mantan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) itu mengaku tiba-tiba harus ke Surabaya untuk menengok sang ibu.

"Pagi seharusnya saya siap-siap ke Gedung MPR untuk menghadiri Pelantikan Presiden. Tetapi tiba-tiba saya harus menengok Ibu di Surabaya," kata Mahfud melalui akun X-nya @mohmahfudmd, Minggu (20/10/2024).

Mahfud sudah memberitahu pihak MPR terkait hal tersebut. Pria yang pernah menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu berdoa agar ibunya diberi kesehatan.

"Saya sudah beritahukan kepada Pimpinan MPR bahwa saya absen pada acara di MPR. Ibu saya sudah berusia 94 tahun, mudah-mudahan disehatkan oleh Allah SWT," ucapnya.

Sebelumnya, Mahfud menyatakan bakal datang ke Gedung MPR. Pelantikan Prabowo dan Gibran dinilai sebagai agenda penting bagi Republik Indonesia.

"Oh iya saya diundang, saya akan hadir tentu saja karena ini negara, ini negara kan bukan soal politik kelompok, politik perorangan," kata Mahfud dalam podcast Terus Terang Mahfud MD di kanal YouTube Mahfud MD Official, Selasa (15/10/2024).

Prabowo-Gibran menjadi orang nomor satu dan dua di Indonesia setelah memenangi Pilpres 2024. Pasangan ini meraih suara sebanyak 96.214.691 atau 58,59 persen dari total suara sah nasional.

Prabowo akan menjadi Presiden ke-8 Indonesia, sementara Gibran Wapres ke-14.

Acara pelantikan Prabowo-Gibran digelar mulai pukul 10.00 WIB. Sidang paripurna pelantikan dipimpin oleh Ketua MPR Ahmad Muzani.

Topik Menarik