Desa Wisata Mina Padi Sukajadi Bogor, Potensi Pertanian dan Perikanan Destinasi Agroeduwisata

Desa Wisata Mina Padi Sukajadi Bogor, Potensi Pertanian dan Perikanan Destinasi Agroeduwisata

Terkini | inews | Sabtu, 19 Oktober 2024 - 03:48
share

BOGOR, iNews.id - Desa Wisata Mina Padi, Desa Sukajadi Bogor memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai agroeduwisata yang dapat memberikan manfaat bagi warga desa. Manfaat tersebut secara ekonomi, sosial maupun lingkungan.

Agroeduwisata merupakan jenis pariwisata yang mengintegrasikan kegiatan pertanian dengan aspek pendidikan. Konsep ini menggabungkan sektor pertanian dan pariwisata untuk memberikan pembelajaran kepada masyarakat.

Selain itu, agroeduwisata juga berperan dalam meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pertanian dan keberlanjutan lingkungan. Adanya kegiatan wisata yang berlangsung di area pertanian, pengunjung dapat secara langsung mengikuti proses pertanian, mulai dari tahap penanaman hingga panen.

Desa Wisata Mina Padi Desa Sukajadi Bogor

Desa Wisata Mina Padi, Desa Sukajadi Bogor. (Foto: Melda Husni Lubis).
Desa Wisata Mina Padi, Desa Sukajadi Bogor. (Foto: Melda Husni Lubis).

Mina padi merupakan metode pertanian, yakni sawah padi tidak hanya digunakan untuk menanam padi tetapi juga untuk membudidayakan ikan. Biasanya, ikan yang dibudidayakan merupakan ikan air tawar.

Sistem budi daya padi dan ikan diterapkan secara bersamaan dalam satu tempat. Budi daya ini memberikan dua keuntungan bagi para petani, yaitu mereka dapat memanen padi ketika sudah siap dan memanen ikan yang dapat dijual.

Di Desa Wisata Sukajadi, terletak di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, merupakan destinasi tersembunyi yang menawarkan pengalaman liburan tak terlupakan. 

Dikelilingi oleh alam yang indah dan asri, desa ini menyajikan pemandangan gunung, air terjun yang menakjubkan serta hamparan sawah hijau yang memanjakan mata. Tempat ini juga sempurna untuk menikmati suasana pedesaan yang damai dan sejuk.

Salah satu, yang menjadi menarik perhatian di Desa Wisata Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor ini terdapat agroeduwisata Mina Padi bernama Cakrawala Rancage yang baru saja diresmikan pada 5 September 2024. 

Desa Wisata Mina Padi tidak hanya berfungsi sebagai area pertanian dan perikanan, tetapi juga sebagai tempat rekreasi dan edukasi. 

Mina Padi Cakrawala Rancage merupakan area persawahan hijau dihiasi dengan ikan nila yang berenang di antara tanaman padi, dengan latar belakang Gunung Salak dan udara yang segar. 

Kehangatan dan keramahan penduduk setempat yang ramah juga turut menambah kenyamanan saat berkunjung ke tempat ini. Di sana, pengunjung bisa belajar cara menanam padi serta menangkap atau memanen ikan nila, yang nantinya bisa dijual. 

Ikan hasil panen juga dapat diolah menjadi berbagai produk makanan, seperti dimsum ikan nila dan kerupuk ikan nila, memberikan peluang bisnis bagi warga desa saat musim panen ikan nila tiba.

Selain terdapat Mina Padi Cakrawala Rancage, di Desa Sukajadi juga terdapat wisata lainnya seperti kebun strawberry. Pengunjung bisa memetik dan menikmati strawberry segar langsung dari tanamannya.

Selain itu, terdapat Curug Sawer, merupakan destinasi wisata yang menawarkan pemandangan alam dan pesona air terjun indah di tengah hutan sehingga memberikan kesejukan dan air yang jernih. 

Kemudian terdapat Taman Kupu-Kupu Sinar Wangi menawarkan pengalaman mengenal lebih dekat keindahan kupu-kupu. Dibuka sejak 2015, tempat ini memiliki fasilitas seperti peternakan kupu-kupu, aviari atau kandang kupu-kupu serta galeri dan museum yang memamerkan berbagai jenis kupu-kupu.

Semua wisata yang telah disebutkan dapat dinikmati di Desa Wisata Sukajadi dengan lokasi yang berdekatan dan mudah diakses satu sama lain. Daya tarik ini menjadikannya paket wisata yang menarik dan nyaman untuk dikunjungi.

Bagaimana, apakah tertarik untuk berkunjung ke Desa Wisata Mina Padi di Desa Sukajadi, Bogor?

Topik Menarik