13 Tempat Makan Malam di Jogja, Hidangan Tradisional Teman Bergadang

13 Tempat Makan Malam di Jogja, Hidangan Tradisional Teman Bergadang

Terkini | inews | Kamis, 19 September 2024 - 04:12
share

YOGYAKARTA, iNews.id - Menjelajahi kuliner malam di Jogja menjadi pengalaman yang tak boleh terlewatkan. Ada 13 tempat makan malam di Jogja yang wajib dikunjungi. 

Siap-siap untuk menjelajahi cita rasa lokal yang autentik dan menemukan spot favorit baru untuk mengisi perut setelah seharian berkeliling kota.

Kota Jogja tidak hanya terkenal dengan keindahan budaya dan wisatanya, tetapi juga dengan ragam tempat makan malam yang menggugah selera. Hidangan tradisional yang kaya rasa hingga camilan unik memikat. 

Jogja menawarkan berbagai pilihan yang dapat memanjakan lidah hingga teman bergadang.

Tempat Makan Malam di Jogja

1. Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg ini dikenal dengan rasa gurih dan pedas sambal krecek yang menggunakan kulit kerbau, memberikan tekstur kenyal yang khas. Selain gudeg basah, pelanggan bisa memilih lauk tambahan seperti ayam kampung, rempelo ati, telur, tempe, tahu bacem dan berbagai gorengan. 

Berlokasi di Jalan Affandi No.2-A, Santren, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Warung Melawan 

Warung Melawan merupakan tempat kuliner malam di Jogja yang terkenal dengan daging sapi asapnya. Menu spesial ini menjadi favorit banyak pelanggan. 

Saat berada di Jogja, tempat ini wajib dikunjungi untuk menikmati citarasa khas dan suasana rumah yang nyaman, sehingga membuat pengunjung selalu ramai. Lokasinya di Danunegaran, MJ 3/942, Mantrijeron, Yogyakarta City.

3. Oseng Mercon Tugu

Menu di tempat ini sederhana, terdiri dari nasi putih, oseng mercon, dan kerupuk, dengan tambahan telur mata sapi jika diinginkan. Oseng mercon di sini sudah bersertifikat halal dari MUI dan dibuat tanpa pengawet atau MSG. 

Meskipun sederhana, cita rasa nikmatnya menjadi alasan utama pengunjung datang kembali. Lokasinya di Jalan Persatuan, Sendowo, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Sate Gule dan Tongseng Eco Ponorogo

Tempat ini memiliki menu utama, yaitu berbagai jenis sate, gule, dan tongseng, seperti sate kambing, sate ayam, sate campur, gule ayam, tongseng kambing, tongseng sapi, tengkleng dan berbagai oseng. 

Harganya sangat terjangkau, terutama untuk mahasiswa, Harga rata rata Rp25.000. Selain harganya yang ramah di kantong, rasanya juga lezat. Menu tongseng menjadi salah satu favorit di warung ini. 

Lokasinya di Jalan Anggajaya 1, Gejayan, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Nasi Teri Pojok Gejayan

Nasi campur teri merupakan kuliner malam legendaris di Jogja yang terkenal dengan sajian teri asin, gurih dan pedas serta berbagai pilihan sayur dan lauk pauk. 

Tempat ini buka setiap hari dari pukul 17.00-03.00 WIB. Pengunjung bisa menikmati nasi campur teri ini dengan harga terjangkau mulai dari Rp8.000.

Nasi Teri Pojok Gejayan terletak di Jalan Affandi No. 5, Klitren, Kecamatan Gondokusuman, Jogja.

6. Sego Telkem Mbak Nur

Sego Telkem Mbak Nur merupakan salah satu kuliner malam yang populer di Jogja. Menu nasi telkem ini terdiri dari nasi putih yang disajikan bersama bihun, tempe oseng, kikil oseng, ati ampela oseng, suwir ikan pindang dan sambal serta berbagai lauk tambahan lainnya. 

Restoran ini terletak di Jalan Wijilan No. 8, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dan buka mulai pukul 17.00 WIB hingga habis.

7. Nasi Goreng Padmanaba

Bagi para penggemar nasi goreng, Nasi Goreng Padmanaba merupakan salah satu pilihan populer di Jogja. Terkenal dengan nasi goreng sapinya, tempat ini terletak di Jalan Yos Sudarso, Kotabaru, Gondokusuman, Jogja. 

Mereka buka mulai pukul 18.00 hingga 24.00 WIB, dengan harga Rp19.000 untuk satu porsi nasi goreng standar.

8. Mi Ayam Kamehame

Mi Ayam Kamehame merupakan tempat makan malam populer di Jogja yang menawarkan mi ayam dengan berbagai level pedas terinspirasi dari kartun Dragon Ball. 

Terletak di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 64, Klitren, Gondokusuman, Yogyakarta, tempat ini buka mulai pukul 22.00 hingga 03.00 WIB untuk kuliner tengah malam dan juga memiliki cabang baru yang buka dari 13.00 hingga 22.00 WIB. 

Mi Ayam Kamehame menawarkan harga terjangkau dan juga bisa dipesan melalui aplikasi ojek online.

9. Lumpia Lestari Mataram 

Lumpia Lestari Mataram merupakan tempat makan malam di Jogja, khususnya untuk pecinta lumpia. Terletak di Jalan Urip Sumoharjo, dekat Gardena Mall, Lumpia Lestari Mataram menawarkan lumpia dengan berbagai isian seperti ayam, udang, ampela, telur puyuh, dan uritan. Kulit lumpia yang renyah dan isian yang melimpah membuatnya menjadi cemilan malam yang lezat. Harganya bervariasi antara Rp4.000 hingga Rp7.000, tergantung isian.

10. Angkringan Pak Jabrik

Tempat ini lebih dikenal juga sebagai Angkringan KR, yang terletak di sekitar Jalan P. Mangkubumi, Gowongan, Kecamatan Jetis. Tempat ini populer di kalangan wisatawan dan warga lokal karena suasananya yang ramai dan dekat dengan Malioboro. 

Menawarkan nasi kucing dengan berbagai lauk, gorengan, sate, serta minuman hangat seperti wedang uwuh dan bandrek, Angkringan Pak Jabrik buka setiap hari dari pukul 20.30 hingga 04.30 WIB. 

Harga makanan di sini sangat terjangkau, mulai dari Rp3.000 untuk nasi kucing dan Rp1.500 untuk sate dan gorengan.

11. Gultik Bang Jago

Gultik Bang Jago merupakan tempat populer di Jogja untuk menikmati nasi gulai sapi. Bagi penggemar gultik, tempat ini bisa menjadi pilihan kuliner malam di Jogja. 

Lokasinya, terletak di Jalan Urip Sumoharjo No.10, Klitren, Kecamatan Gondokusuman, Jogja, Gultik Bang Jago buka setiap malam dari pukul 22.00 hingga 03.00 WIB.

12. Lesehan Gudeg Yu Yah

Lesehan Gudeg Yu Yah menyajikan gudeg dengan konsep prasmanan. Bagi yang tidak menyukai gudeg, berbagai macam lauk lainnya juga tersedia di sini. 

Tempat ini berlokasi di Jalan Magelang No.129A, Kutu Asem, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Jogja, dan buka dari pukul 20.00 hingga 03.30 WIB. Harga makanan bervariasi tergantung pada pilihan yang diambil.

13. Susu Murni Shi Jeckex

Bagi yang ingin mencicipi  susu murni di Jogja  untuk menghangatkan malam, Susu Murni Shi Jack tempatnya. Tempat  juga menawarkan berbagai makanan dan camilan. 

Lokasinya, terletak di Jalan Kaliurang No.41 B, Tambakan, Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman dan buka dari pukul 16.30 hingga 02.00 WIB. Harganya cukup terjangkau.

Saat berkunjung ke Jogja, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi 13 tempat makan malam di Jogja. Setiap tempat menawarkan pengalaman kuliner yang unik dan bisa membuat malam kamu semakin berkesan.

Topik Menarik