Ayat Al-Quran tentang Palestina yang Mesti Dipahami oleh Umat Muslim

Ayat Al-Quran tentang Palestina yang Mesti Dipahami oleh Umat Muslim

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 23:32
share

JAKARTA, iNews.id - Ayat Al-Quran tentang Palestina berikut ini bisa jadi pemahaman umat Muslim. Seperti diketahui, konflik yang terjadi antara Palestina dan Israel masih berlangsung hingga saat ini dan belum ada titik terang penyelesaian masalahnya. 

Melansir AFP, Kementerian Kesehatan Gaza yang dikuasai oleh Hamas melaporkan setidaknya 40.748 orang tewas selama lebih dari 11 bulan terakhir sejak Israel menyerang wilayah Gaza, per 1 September 2024. 

Akibat serangan masif yang dilancarkan Israel setidaknya ratusan ribu rumah hancur rata dengan tanah. Jalur keluar masuk bala bantuan untuk suplai bahan pangan dan obat-obatan pun ditutup. Berbagai masalah pun mulai bermunculan, seperti kurangnya stok air bersih, hingga kelaparan yang melanda. 

Terbaru, militer Israel menyerang tenda-tenda yang menampung para pengungsi di Rumah Sakit Al-Aqsa di Gaza. Pembakaran ini menewaskan empat orang dan puluhan orang lainnya luka-luka. Tersebar pula video di media sosial saat banyak orang berusaha memadamkan api dan menyelamatkan pasien yang terbakar di dalam rumah sakit. 

Selain itu, Yahya Sinwar, pemimpin Hamas, tewas dalam serangan militer Israel di Tal Al Sultan, Rafah, Gaza Selatan pada 17 Oktober 2024. Sinwar, yang dikenal sebagai kepala biro politik Hamas, terbunuh setelah bangunan tempatnya berlindung ditembaki oleh tank militer Israel.

Dalam kondisi terluka parah, Sinwar masih sempat melawan dengan melemparkan tongkat ke arah drone Israel. Kematian Sinwar dianggap sebagai pukulan telak bagi Hamas, namun juga menjadi inspirasi bagi para pejuang Palestina untuk melanjutkan perjuangan mereka

Ayat Al-Quran tentang Palestina

Tentang Bani Israil atau Israel yang membuat berbagai kerusakan di bumi sebenarnya telah disebutkan dalam  Al-Qur'an surat Al-Isra ayat 4. Dimana Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman, 

وَقَضَيْنَآ اِلٰى بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ فِى الْكِتٰبِ لَتُفْسِدُنَّ فِى الْاَرْضِ مَرَّتَيْنِ وَلَتَعْلُنَّ عُلُوًّا كَبِيْرًا

Artinya: "Kami wahyukan kepada Bani Israil di dalam Kitab (Taurat) itu, “Kamu benar-benar akan berbuat kerusakan di bumi ini dua kali dan benar-benar akan menyombongkan diri dengan kesombongan yang besar.”

Pada sebuah tafsir yang diterbitkan oleh Quran Kementerian Agama, terdapat suatu penjelasan bahwa Bani Israil berbuat keonaran dua kali di bumi Palestina. Allah pun akan menggerakkan musuh-musuh untuk membunuh, merampas, dan menghancurkan negeri mereka.

Setelah Bani Israil bertobat, mereka kembali mendapatkan kenikmatan hidup. Meski begitu, mereka kembali melakukan berbagai kerusakan di bumi. Sekali lagi, Allah mengerahkan musuh-musuh Bani Israil untuk menghancurkan mereka. 

Masih dari surat Al-Isra pada ayat 5, Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman, 

فَاِذَا جَاۤءَ وَعْدُ اُوْلٰىهُمَا بَعَثْنَا عَلَيْكُمْ عِبَادًا لَّنَآ اُولِيْ بَأْسٍ شَدِيْدٍ فَجَاسُوْا خِلٰلَ الدِّيَارِۗ وَكَانَ وَعْدًا مَّفْعُوْلًا

Artinya: "Apabila datang saat (kerusakan) yang pertama dari keduanya, Kami datangkan kepadamu hamba-hamba Kami yang perkasa, lalu mereka merajalela di kampung-kampung. Itulah janji yang pasti terlaksana."

Surat Al-Isra ayat 5 itulah disebut-sebut ayat yang menjelaskan janji kemenangan Palestina di dalam Al-Qur'an. Namun, banyak yang mempertanyakan, "kapan pertolongan Allah dengan kemenangan Palestina itu datang?" Hal itu tidak ada yang tahu pasti kapan waktu tersebut datang, kecuali Allah Subhanahu Wata'ala. 

Demikian ulasan mengenai ayat Al-Qur'an tentang Palestina. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik