Truk Trailer Tersangkut Rel di Sumberlawang Sragen, 3 Perjalanan KA Terdampak

Truk Trailer Tersangkut Rel di Sumberlawang Sragen, 3 Perjalanan KA Terdampak

Terkini | inews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 09:06
share

SRAGEN, iNews.id - Truk trailer tersangkut saat melewati rel kereta api (KA) di pelintasan JPL 138 petak jalan jalur tunggal antara Stasiun Sumberlawang-Salem km 84+700, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Kamis (17/10/2024) malam. Akibatnya, perjalanan tiga kereta api di lintas utara mengalami keterlambatan.

Informasi diperoleh iNews, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 22.09 WIB. Kala itu, truk trailer yang sedang melintas tersangkut rel. Selanjutnya, penjaga pelintasan melaporkan kejadian ini ke petugas stasiun dan diteruskan ke anggota unit jalan rel dan pengamanan Polsuska untuk ditindaklanjuti.

Pada sisi lain, KA Banyubiru dari Semarang akan lewat di Stasiun Sumberlawang pukul 22.20 WIB. Mengingat ada truk yang menghalangi jalur rel, maka diprogramkan KA Banyubiru berhenti luar biasa di Sumberlawang sembari menunggu evakuasi truk trailer tersebut.

“Pada pukul 22.31 WIB, KA Banyubiru sudah datang dan masuk di jalur III Sumberlawang, menunggu jalur aman,” ujar Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro, Jumat (18/10/2024).

Menurutnya proses evakuasi truk terus dilakukan dengan cara didongkrak dan diganjal dengan bantalan rel agar bisa menggerakkan truk trailer lolos dari jalur rel.

Setelah KA Banyubiru, berikutnya yang terhalang perjalanan KA Brawijaya tujuan Malang. Pada pukul 23.10 WIB, KA datang datang dan masuk di jalur II Sumberlawang.

“Proses evakuasi truk ditarik hingga dua kali masih belum berhasil dan menunggu bantuan crane,” katanya.

Menyusul berikutnya yang terhambat KA Joglosemarkerto dari arah Semarang tujuan Solo. KA datang pukul 23.45 WIB dan masuk di jalur I Sumberlawang. Ketiga KA berjajar di stasiun Sumberlawang untuk menunggu evakuasi jalur yang terhalang.

Sekitar pukul 24.35 WIB, petugas unit jalan rel Sumberlawang menyatakan jalur sudah bisa dilalui. Proses evakuasi pembebasan jalur yang terhalang berhasil dilakukan.

Setelah jalur dinyatakan aman, kereta api yang sempat terhalang bisa diberangkatkan satu persatu. Urutan KA diberangkatkan dari stasiun pasca-evakuasi adalah pukul 24.40 WIB KA Banyubiru berangkat dari Sumberlawang dengan keterlambatan 130 menit. Kemudian pukul 24.48 WIB, KA Majapahit dari Malang tujuan Pasarsenen Jakarta yang harus berhenti juga di BLB Kalioso menunggu bersilang dengan KA Brawijaya.

Selanjutnya pukul 24.56 WIB, KA Brawijaya dari Gambir tujuan Malang berangkat dari Sumberlawang dengan keterlambatan 116 menit. Sedangkan KA Majapahit tujuan Pasarsenen Jakarta berangkat dari Kalioso ada pukul 01.13 WIB dengan kerlambatan 30 menit. Sementara itu, KA Joglosemarkerto ke Solo berangkat dari sumberlawang pukul 01.31 WIB dengan keterlambatan 109 menit.

Dengan kejadian ini, pengendara truk trailer dalam penanganan Polsuska untuk dimintai keterangan. KAI akan meneruskan ke pihak terkait untuk meminta pertanggungjawaban.

Topik Menarik