Teguh Setyabudi Dilantik Jadi Pj Gubernur Jakarta Hari Ini, Gantikan Heru Budi

Teguh Setyabudi Dilantik Jadi Pj Gubernur Jakarta Hari Ini, Gantikan Heru Budi

Terkini | inews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 06:52
share

JAKARTA, iNews.id - Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Teguh Setyabudi akan dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Jumat (18/10/2024). Teguh menggantikan Heru Budi Hartono yang masa jabatannya telah habis.

Plh Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Aang Witarsa menyebut, pelantikan akan dilaksanakan sekitar pukul 09.00 WIB.

“Untuk pelantikan Pj Gubernur Jakarta diagendakan dilaksanakan pada hari Jumat (hari ini) pukul 09.00 WIB,” kata Aang saat dikonfirmasi, Jumat (18/10/2024).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberhentikan Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta secara hormat. 

Pemberhentian tersebut diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 125P tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pj Gubernur DKI Jakarta. 

Dalam Keppres tersebut, Presiden Jokowi sekaligus menunjuk Teguh Setyabudi sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta.

DPRD DKI Jakarta sebelumnya mengusulkan tiga nama sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta untuk menggantikan posisi Heru Budi Hartono yang masa jabatannya berakhir pada Oktober 2024.

Dalam rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) membahas usulan nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta di DPRD, Jakarta Pusat, Jumat (13/9/2024), perwakilan fraksi menyebutkan nama-nama yang diusung. Setelah itu, nama tersebut diurutkan dengan paling banyak diusulkan oleh setiap fraksi.

Hasilnya, nama Dirjen Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi meraih 8 suara.

Sementara di posisi kedua dan ketiga yakni Plt Sekretaris Jenderal Kemendagri Tomsi Tohir dan Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik yang sama-sama meraih 7 suara.

Topik Menarik