Mental Pemain Timnas Indonesia Bermasalah saat Kalah dari China? Begini Kata Shin Tae-yong

Mental Pemain Timnas Indonesia Bermasalah saat Kalah dari China? Begini Kata Shin Tae-yong

Olahraga | inews | Kamis, 17 Oktober 2024 - 15:40
share

JAKARTA, iNews.id – Benarkah mental para pemain Timnas Indonesia bermasalah saat kalah dari China? Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) membeberkan jawaban pertanyaan itu. 

Tim Garuda kandas 1-2 dari tuan rumah China padalaga keempat putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024). Itu menjadi kekalahan perdana Timnas Indonesia pada putaran ketiga. Padahal, sebelumnya Jay Idzes dkk diharapkan bisa menang di laga tersebut. 

Ada anggapan kalau mental pemain di laga itu menurun buntut dari laga pahit melawan Bahrain di mana Timnas Indonesia batal menang karena wasit asal Oman Ahmed Al Kaf menambah waktu tambahan hingga sembilan menit hingga tuan rumah menyamakan skor 2-2. 

STY menepis anggapan itu. Juru taktik asal Korea Selatan itu menyatakan skuad Tim Garuda bermain bagus dan spartan saat melawan China. 

“Para pemain sebenarnya kemarin saat melawan China itu sangat baik,” kata STY saat tiba di Jakarta, dikutip Kamis (17/10/2024).

“Walaupun skor kita kalah, tetapi secara isi pertandingan itu kami sangat baik. Dan tidak ada ciut sama sekali,” ucapnya.

Setelah menjalani dua laga tandang melawan Bahrain dan China, nanti giliran Timnas Indonesia yang akan menjamu dua negara itu di Jakarta. STY memastikan bakal memoles Skuad Garuda sebaik mungkin agar bisa meraih kemenangan.

“Pertandingan berikutnya Bahrain dan China itu di kandang kami. Jadi, akan mempersiapkan tim untuk mendapatkan kemenangan,” tuturnya.

Namun sebelum itu, Timnas Indonesia akan menjalani dua laga kandang yang berat di bulan November mendatang. Sesuai jadwal, Skuad Garuda akan menjamu Jepang pada 15 November dan Arab Saudi pada 19 November di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Timnas Indonesia masih mempunyai peluang untuk lolos ke Piala Dunia 2026. Saat ini, Skuad Garuda berada di urutan kelima klasemen sementara Grup C dengan koleksi tiga. Setidaknya, Skuad Garuda diharapkan bisa finis di posisi tiga atau empat agar dapat melanjutkan perjuangannya via putaran keempat.

Topik Menarik