Waspada Calo Janjikan Kelulusan SKD CPNS, Menpan RB: Tidak Ada yang Bisa Bantu!

Waspada Calo Janjikan Kelulusan SKD CPNS, Menpan RB: Tidak Ada yang Bisa Bantu!

Ekonomi | inews | Rabu, 16 Oktober 2024 - 16:00
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mewanti-wanti calo peserta CPNS untuk tak percaya rayuan para calo dapat meluluskan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Sebab, tidak ada yang bisa membantu.

Sebagai informasi, pelaksanaan SKD CPNS dimulai pada hari ini, Rabu (16/10/2024). Pelaksanaannya pun tidak dipungut biaya alias gratis.

"Seluruh tahapan, termasuk SKD dengan CAT tidak dipungut biaya. Tidak ada satu pun orang yang bisa membantu kelulusan di tes CPNS tahun ini maupun yang akan datang. Jangan percaya kepada siapa pun yang menjanjikan kelulusan," ujar Anas, dalam keterangan resmi, Rabu (16/10/2024).

Pelaksanaan SKD dilaksanakan selama 100 menit meliputi tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Untuk lulus dalam tahapan SKD, setiap pelamar peserta harus memenuhi nilai ambang batas (passing grade) yang merupakan nilai batas paling rendah kelulusan seleksi. 

"SKD CPNS dilakukan untuk mengukur kemampuan dan karakteristik yang dimiliki pelamar berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku apakah sesuai dengan standar kompetensi dasar PNS," tutur dia. 

Plt Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto mengungkapkan, total pelamar seleksi CPNS 2024 sebanyak 3.568.212. Total peserta yang Memenuhi Syarat sebanyak 3.035.717 peserta dan peserta yang Tidak Memenuhi Syarat sebanyak 532.495. 

“Selanjutnya peserta yang memenuhi syarat diberikan kesempatan untuk mengikuti SKD tahun 2024 atau menggunakan nilai SKD tahun 2023,” ujar Haryomo. 

Sementara itu, SKD CPNS diselenggarakan di 339 titik lokasi, yaitu BKN Pusat, 14 Kantor Regional, 21 UPT BKN, 75 titik lokasi mandiri, 135 titik lokasi mandiri instansi, dan 93 titik lokasi luar negeri.

Topik Menarik