Masuk Lebanon, 3 Tank Israel Langsung jadi Besi Rongsok Dibom Hizbullah

Masuk Lebanon, 3 Tank Israel Langsung jadi Besi Rongsok Dibom Hizbullah

Terkini | inews | Selasa, 15 Oktober 2024 - 18:15
share

BEIRUT, iNews.id - Pejuang Hizbullah menembak tiga tank Merkava Israel yang baru menyeberangi perbatasan di Lebanon Selatan, Senin (14/10/2024). Ketiga tank tersebut tak berdaya terkena tembakan roket.

Hizbullah menyatakan, para pejuangnya menyerang tank Merkava yang sedang bergerak maju menuju pinggiran Kota Ayta Al Shaab. Bukan hanya meluncurkan roket, para pejuang juga menembaki tentara Zionis yang sedang menyelamatkan diri keluar dari tank yang hancur.

Pernyataan tersebut tak mengungkap berapa banyak tentara Zionis yang tewas dalam serangan yang tak disangka-sangka tersebut.

Dalam pernyataan terpisah, Hizbullah juga mengungkap para pejuangnya menyerang beberapa grup tentara Israel di sebelah timur Kota Markaba serta beberapa lokasi di Israel utara menggunakan roket dan artileri.

Hizbullah semakin mengintensifkan serangan ke wilayah Israel melalui udara, terutama ke bagian utara yang tak jauh dari perbatasan kedua negara. Satu serangan paling mematikan berlangsung pada Minggu (13/10/2024) menargetkan pangkalan militer Binyamina, dekat Haifa, menewaskan empat orang serta melukai lebih dari 61 tentara lainnya. 

Serangan drone itu terjadi saat pasukan Israel sedang bersiap untuk dikerahkan ke perbatasan Lebanon.

Anehnya, drone-drone Hizbullah tak terdeteksi radar sehingga luput dari sistem pertahanan udara Iron Dome. Selain itu sirine peringatan udara juga tak aktif saat serangan terjadi.

Topik Menarik