Ledakan di Kereta Cepat Eurostar Bawa Rombongan Parlemen Eropa, Penumpang Dievakuasi

Ledakan di Kereta Cepat Eurostar Bawa Rombongan Parlemen Eropa, Penumpang Dievakuasi

Terkini | inews | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 14:17
share

BRUSSELS, iNews.id - Ledakan terjadi pada kereta cepat Eurostar yang membawa rombongan anggota Parlemen Eropa dari Strasbourg, Kamis (10/10/2024) sore sekitar pukul 15.00 waktu setempat. Akibatnya rombongan dievakuasi dibawa kembali ke Strasbourg.

Seluruh anggota Parlemen Eropa dievakuasi setelah tiba di stasiun, kemudian melanjutkan perjalanan menuju Paris, Prancis, dengan kereta lain.

Operator Eurostar memastikan ledakan tersebut bukan serangan atau sabotase, melainkan dipicu permasalahan teknis. Ledakan terjadi tak lama setelah kereta meninggalkan Brussels.

Petugas pemadam kebakaran turut dikerahkan ke Stasiun Strasbourg. Meski demikian kejadian itu memicu kepanikan para anggota Parlemen Eropa karena terdengar cukup keras. 

Emmanuel Foulon, asisten anggota parlemen dari Belgia, mengatakan di media sosial, terdengan suara ledakan.

Pelle Geertsen, politikus sayap kiri Denmark, menggambarkan evakuasi para penumpang berjalan kacau.

"Harap tetap tenang. Kami tengah berkoordinasi dengan Eurostar untuk menemukan solusi," kata pejabat Parlemen Eropa, Guillaume Pringiers, melalui email, seperti dilaporkan Politico. 

"Lalu lintas masuk dan keluar terganggu di Strasbourg karena asap yang keluar dari kereta. Gangguan diperkirakan berakhir pukul 18.00," bunyi pernyataan TER Grand Est, operator jaringan kereta regional, di X. 

Kereta tersebut disewa untuk membawa anggota Parlemen Eropa untuk menghadiri pertemuan di Strasbourg yang dimulai pada 7 Oktober.

Media lokal, mengutip pernyataan pihak berwenang, melaporkan penumpang, termasuk pejabat Parlemen Eropa, dievakuasi dari stasiun setelah adanya asap yang keluar dari kereta.

Topik Menarik