Demo Mahasiswa di Gedung DPR Hari Ini, 1.758 Personel Gabungan Disiagakan

Demo Mahasiswa di Gedung DPR Hari Ini, 1.758 Personel Gabungan Disiagakan

Terkini | inews | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 10:38
share

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 1.758 personel gabungan disiagakan untuk mengamankan aksi beberapa elemen massa dan mahasiswa di depan Gedung DPR dan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2024). Personel gabungan itu berasal dari unsur Polri dan instansi terkait.
 
"Dalam rangka pengamanan aksi elemen massa dan Mahasiswa di depan Gedung DPR RI dan Patung Kuda, kami melibatkan sejumlah 1.758 personel gabungan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro, Jumat (11/9/2024).

Susatyo menyebut, personel keamanan nantinya akan ditempatkan di sekitar Gedung DPR untuk mencegah massa masuk ke dalam gedung atau pun menutup jalan tol.

Terkait pengalihan arus lalu lintas di sekitar gedung DPR dan Patung Kuda, kata Susatyo, bersifat situasional. Rekayasa lalu lintas juga akan diberlakukan melihat perkembangan dinamika di lapangan.

"Bila nanti di depan DPR massa cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka akan kami lakukan penyekatan di Pulau Dua," ucap Susatyo.

Dia menegaskan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengutamakan negosiasi dan melayani secara humanis.

Dia mengimbau kepada para koordinator lapangan (korlap) dan peserta aksi untuk menyampaikan aspirasi dengan santun, tidak anarkis, menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga kegiatan aksi dapat berjalan aman dan tertib sesuai dengan harapan kita semua.

"Personel yang terlibat pengamanan tidak ada yang membawa senjata api dan tetap menghargai massa aksi yang akan menyampaikan pendapatnya," ujar Susatyo.

Topik Menarik