Comeback! Australia Bungkam China di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Comeback! Australia Bungkam China di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Olahraga | inews | Kamis, 10 Oktober 2024 - 18:17
share

ADELAIDE, iNews.id – Timnas Australia menang comeback 3-1 atas China pada matchday ketiga Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Adelaide Oval, Kamis (10/10/2024) sore WIB. Itu kemenangan perdana Harry Souttar dan kolega di fase ini.

Dengan hasil tersebut, Australia sementara naik ke peringkat tiga klasemen sementara Grup C dengan torehan empat poin. Mereka melangkahi Bahrain dan Indonesia yang baru akan memainkan laga ketiga malam nanti.

Jalannya Pertandingan Australia Vs China

Australia mendominasi permainan sejak awal pertandingan. Mereka menguasai bola lebih banyak, tetapi kesulitan untuk menciptakan peluang.

Namun, pada menit 20, China malah bisa mencuri gol pembuka lewat Xie Wenneng. Sebuah umpan terobosan dari lini tengah berhasil diselesaikannya dengan tendangan yang apik.

Tertinggal satu gol, Socceroos -julukan Australia- semakin gencar menyerang. Pada menit 25, Nestory Irankunda melepaskan tendangan spekulasi dari jarak jauh tetapi masih belum tepat sasaran.

Sembilan menit kemudian, gantian Craig Goodwin yang menebar ancaman di lini pertahanan China, namun sepakannya mengarah tepat ke pelukan Wang Dalei. Di sisi lain, China terus memanfaatkan serangan balik cepat untuk membongkar pertahanan tim tuan rumah.

Terus menekan, Australia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit 45+3 lewat tandukan Lewis Miller yang menyambar umpan dari tendangan bebas. Alhasil, skor imbang mengakhiri babak pertama.

Pada babak kedua, China mendapatkan peluang berbahaya pada menit 50. Behram Abduweli lepas dari penjagaan dan melepaskan tendangan keras, tetapi masih menyamping di sisi kanan gawang.

Dua menit kemudian, Australia berhasil berbalik unggul 2-1. Kali ini, giliran Craig Goodwin yang mencetak gol indah dari tendangan jarak jauh dengan kaki kirinya yang mengarahkan bola ke pojok gawang.

Setelah itu, pertandingan berjalan cukup alot. Namun intensitasnya cukup tinggi hingga kedua tim saling jegal menjegal dengan pelanggaran yang cukup keras.

Pada menit 76, Miller nyaris menorehkan gol keduanya untuk tim tuan rumah hari ini. Sayangnya, tendangannya yang menyambar umpan tarik dari Goodwin malah melambung ke atas mistar gawang.

Australia terus membombardir pertahanan China. Pada akhirnya, mereka sukses mencetak gol ketiga lewat Nishan Velupillay pada menit 90+2 yang menghajar bola liar di kotak penalti lawan setelah pemain China salah melakukan antisipasi. Pertandingan pun berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan tim tuan rumah.

Berikut adalah susunan pemain Australia vs China:

AUSTRALIA (5-3-2): Joe Gauci; Thomas Deng, Kye Rowles, Harry Souttar, Lewis Miller, Aziz Behich; Jackson Irvine, Aiden O’Neill, Craig Goodwin; Mitch Duke, Nestory Irankunda.

Cadangan: Mathew Ryan, Jordan Bos, Patrick Yazbek, Nishan Velupillay, Jason Geria, Apostolos Stamatelopoulos, Ajdin Hrustic, Paul Izzo, Riley McGree, Keanu Baccus, Luke Brattan, Cameron Burgess.

Pelatih: Tony Popovic

CHINA (4-4-2): Wang Dalei; Tyais Browning, Hu Hetao, Jiang Shenlong, Li Lei; Wei Shihao, Wang Shanyuan, Li Yuanyi, Xie Wenneng; Fernandinho, Zhang Yuning.

Cadangan: Yan Junling, Wei Zhen, Xu Haoyang, Lin Liangming, Liu Dianzuo, Jin Cheng, Han Pengfei, Liu Yang, Wang Haijian, Huang Zhengyu, Behram Abduweli.

Pelatih: Branko Ivankovic

Topik Menarik