Rotasi Kepemimpinan Koarmada II, Laksda Ariantyo Perintahkan Setiap Satuan Siap Siaga

Rotasi Kepemimpinan Koarmada II, Laksda Ariantyo Perintahkan Setiap Satuan Siap Siaga

Terkini | inews | Kamis, 10 Oktober 2024 - 16:22
share

SURABAYA, iNews.id – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo memimpin upacara serah terima jabatan sejumlah posisi strategis di jajaran Koarmada II. Upacara berlangsung khidmat di Dermaga Madura Ujung Surabaya, Senin (7/10/2024). 

Jabatan Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada II yang sebelumnya dijabat oleh Laksma TNI Teguh Prasetya kini diserahterimakan kepada Laksma TNI Hreesang Wisanggeni. 

Sementara itu, Komandan Lantamal V Surabaya juga dilakukan pergantian kepemimpinan dari Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan kepada Laksma TNI Arya Delano. Selain itu, jabatan Komandan Satuan Kapal Amfibi Koarmada II yang sebelumnya dijabat oleh Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo kini berada di bawah kendali langsung Pangkoarmada II.

"Saya perintahkan setiap satuan dan pangkalan jajaran Koarmada II harus mampu membaca situasi ini dengan cermat dan responsif terhadap setiap ancaman serta proaktif dalam mengantisipasi setiap perubahan situasi," ujar Laksda TNI Ariantyo dikutip dari laman TNI, Kamis (10/10/2024).

Dia menekankan pentingnya sertijab sebagai bagian dari siklus pengembangan dan peningkatan kinerja organisasi. Dia juga menyampaikan, setiap unsur dalam organisasi Koarmada II, yaitu satuan operasi maupun pangkalan memiliki peran yang sangat krusial dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT). 

Dalam menghadapi perkembangan lingkungan strategis yang semakin kompleks dan dinamis, kata dia seluruh jajaran Koarmada II untuk selalu siap siaga. 

Ancaman keamanan maritim yang beragam, lanjut dia mulai dari aktivitas ilegal di laut hingga potensi konflik di wilayah perbatasan, mengharuskan seluruh personel untuk terus meningkatkan kemampuan dalam mengawasi wilayah laut, memperkuat sinergi dengan instansi terkait, dan mengoptimalkan penggunaan teknologi.

"Kita dituntut untuk terus meningkatkan kemampuan dalam mengawasi wilayah laut kita, memperkuat sinergi dengan instansi terkait dan mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk mendukung operasi," ucapnya.

Topik Menarik