Investor Setor Rp58,4 Triliun ke IKN per September 2024

Investor Setor Rp58,4 Triliun ke IKN per September 2024

Berita Utama | inews | Rabu, 9 Oktober 2024 - 13:45
share

JAKARTA, iNews.id - Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mencatat total uang investor yang telah masuk ke Ibu Kota Nusantara (IKN) mencapai Rp58,4 triliun. Angka ini terhitung dari groundbreaking tahap 1 hingga 8 pada September kemarin. 

Plt Kepala OIKN Raja Juli Antoni mengatakan laporan angka investasi yang dicapai dalam groundbreaking ini menunjukkan semangat kolaborasi serta keyakinan yang tinggi dari berbagai pihak.

"Sampai groundbreaking ke-7, (nilai investasi) Rp56,83 triliun. Hari ini, tambah Rp1,5 triliun. Berarti (sekitar) Rp58,4 triliun total investasi, di luar dana Bank Indonesia (BI) dan PSSI," kata dia dalam keterangan resmi, Selasa (8/10/2024).

Raja Juli menjelaskan angka investasi tersebut merupakan indikasi awal kemajuan pembangunan dan pelaporan melalui sistem Online Single Submission (OSS). Melalui proses kurasi yang terus berlangsung, nilai investasi bisa mengalami penyesuaian seiring dengan kemajuan dan realisasi pembangunan di lapangan.

Ia menambahkan bahwa IKN masih menarik minat investor asing, namun selektif dalam memilih yang relevan untuk pembangunan kota Nusantara. Otorita IKN bersama para pemangku kepentingan, akan terus memastikan bahwa setiap tahap pembangunan dilakukan dengan transparansi dan akuntabilitas, sesuai dengan prinsip tata kelola yang baik.

Sementara itu, pada groundbreaking tahap 8 melibatkan lima investor, yaitu PT Plataran Boga Rasa yang membangun Teras Hutan Ibu Kota Nusantara, PT AIS Property Asia yang membangun kawasan pendidikan Australian Independent School (AIS) Nusantara, PT Primahotel Manajemen Indonesia yang akan membangun d’primahotel Nusantara.

Selanjutnya PT Magnum Estate International yang akan membangun kawasan hunian terpadu Magnum Resort Nusantara, serta PT Delonix Bravo Investment yang akan membangun kompleks komersial Delonix Nusantara.

Topik Menarik