Mengenal Prancis Lewat Makanan di Pekan Gastronomi Cita Rasa Prancis 2024

Mengenal Prancis Lewat Makanan di Pekan Gastronomi Cita Rasa Prancis 2024

Travel | inews | Rabu, 9 Oktober 2024 - 10:49
share

JAKARTA, iNews.id - Duta Besar Prancis untuk Indonesia Fabien Penone mengumumkan Pekan Gastronomi Cita Rasa Prancis 2024. Ini merupakan kali kedua acara diselenggarakan.

Ya, setelah tahun lalu sukses digelar, Cita Rasa Prancis hadir kembali. Acara ini diselenggarakan mulai 1 hingga 13 Oktober 2024 dengan partisipan 150 restoran dan kehadiran Chef David Gallienne dari Normandia yang merupakan pemilik restoran Le Jardin des Plumes di Giverny dengan bintang Michelin pada 2020. 

Dubes Prancis untuk Indonesia Fabien Penone menerangkan kalau acara ini merupakan wujud mempererat hubungan antara Prancis dan Indonesia. Tak hanya sebagai ajang mengenalkan makanan Prancis ke masyarakat Indonesia, tapi juga ajang kerja sama di bidang vokasi kuliner. 

Ya, di Cita Rasa Prancis 2024, terlibat juga sejumlah SMK, Politeknik, dan Universitas yang mana di institusi pendidikan itu akan dikunjungi Chef David Gallienne. Sejak awal acara digelar,  Chef David sudah ke Jakarta, Makassar, Yogyakarta, dan Surabaya. 

Duta Besar Prancis untuk Indonesia Fabien Penone di Morning Update iNews TV, Rabu (9/10/2024). (Foto: iNews TV)
Duta Besar Prancis untuk Indonesia Fabien Penone di Morning Update iNews TV, Rabu (9/10/2024). (Foto: iNews TV)

Tak hanya memberikan demonstrasi memasak, Chef David juga mengeksplorasi berbagai bahan baku dan mencicipi berbagai hidangan tradisional khas Indonesia. Tentu, momen ini sangat berarti bagi siswa dan mahasiswa dalam mengenal lebih jauh soal makanan Prancis sekaligus mengenalkan kekayaan makanan Indonesia pada seorang chef bintang michelin.

Fabien menerangkan, acara ini digelar dengan tiga tujuan, pertama mempromosikan gastronomi Prancis ke masyarakat Indonesia. Lalu, mendorong kerjasama antara Chef Indonesia dengan Chef Prancis, dan ketiga adalah memperkuat kerjasama dalam pelatihan vokasi. 

"Selain itu, acara ini juga merupakan pintu masuk untuk membantu memperkuat hubungan bilateral antara Prancis dan Indonesia," kata Fabien di acara Morning Update iNews TV, Rabu (9/10/2024). 

Menurutnya, makanan adalah cara terbaik untuk mengetahui suatu negara. Misalnya saja dari keju, makanan ini sangat populer di Prancis dan dari keju Anda bisa tahu soal wilayah yang ada di Prancis. 

Lalu, saat tahu bagaimana cara membuat dan menyajikan kejunya, Anda jadi tahu bagaimana budaya suatu masyarakat di Prancis. Bahkan, lewat keju masyarakat dunia jadi tahu sejarah di belakangnya.

"Hal yang sama juga terjadi indonesia dengan sotonya. Ada soto dari Makassar yang berbeda dengan soto dari Madura," ungkap Fabien. 

Sebagai informasi, Pekan Gastronomi Cita Rasa Prancis 2024 melibatkan 150 restoran, hotel, kafe, dan toko roti yang berpartisipasi dengan menampilkan ‘Menu à la française’ versi mereka. 

Tak hanya menu-menu Prancis yang dapat dicicipi, berbagai kegiatan seperti pameran, diskusi, lokakarya, dan demonstrasi memasak diselenggarakan dengan beberapa mitra yang telah ditunjuk. 

Acara ini diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Prancis, IFI, dan Business France Indonesia. Le Cordon Bleu turut ambil bagian dengan menyelenggarakan kegiatan di beberapa sekolah kejuruan, serta Institut Escoffier juga berpartisipasi dalam program Training of Trainers. 

Topik Menarik